Rencana PUB JSMR raih peringkat AA

Senin, 09 September 2013 - 15:07 WIB
Rencana PUB JSMR raih peringkat AA
Rencana PUB JSMR raih peringkat AA
A A A
Sindonews.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idAA untuk rencana penawaran umum berkelanjutan (PUB) Obligasi Berkelanjutan I/2013 PT Jasa Marga Tbk (JSMR) sebesar maksimum Rp5,95 triliun.

Pefindo juga menegaskan peringkat yang sama untuk perseroan dan obligasinya yang beredar senilai Rp5 triliun, termasuk yang akan jatuh tempo, yakni Obligasi XI/2003 dan I/JM-10/2012 yang akan jatuh tempo pada 2013 senilai Rp1,5 triliun. Adapun prospek peringkat tersebut adalah stabil.

Analis Pefindo Niken Indriarsih mengatakan, peringkat tersebut mencerminkan posisi operator jalan tol pelat merah itu yang mendominasi di industri jalan tol, pertumbuhan pendapatan jalan tol yang stabil terutama didorong meningkatnya volume lalu lintas dan struktur tarif yang lebih baik.

"Selain itu, kuatnya indikator profitabilitas dan fleksibilitas keuangan yang kuat," kata dia dalam keterangannya di Jakarta, Senin (9/9/2013).

Kendati demikian, peringkat tersebut dibatasi struktur modal perusahaan yang agresif dalam jangka pendek hingga menengah dan resiko bisnis terkait pembangunan jalan tol baru.

JSMR merupakan operator jalan tol dengan portofolio jalan tol termasuk Jagorawi, tol dalam kota Jakarta, Prof Dr Ir Sedyatmo, Jakarta-Cikampek, Jakarta-Tangerang, Ulujami-Pondok Aren, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR), Padalarang-Cilenyi, Cipularang, Surabaya-Gempol, Semarang, Belmera, Palikanci, Jalan Tol Lingkar Luar Bogor (BORR), Semarang-Solo dan Surabaya-Mojokerto.

Per akhir kuartal I tahun ini, saham perseroan sebesar 70 persen dimiliki pemerintah, sekitar 2,7 persen dimiliki PT Jamsostek-JHT, manajemen dan karyawan sekitar 0,3 persen dan publik mencapai 26,9 persen.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2460 seconds (0.1#10.140)