Dukung APEC, Telkom siapkan bandwidth 10 MBps

Senin, 09 September 2013 - 18:44 WIB
Dukung APEC, Telkom...
Dukung APEC, Telkom siapkan bandwidth 10 MBps
A A A
Sindonews.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) telah menyiapkan jaringan bandwidth internet kecepatan 10 Gbps pada KTT APEC 2013 yang akan digelar di Nusa Dua, Bali pada 5-7 Oktober.

Telkom menyatakan komitmennya dalam penyediaan infrastruktur Information Communication Technology (ICT) kelas dunia pada APEC CEO Summit dan APEC Leaders Summit di mana Indonesia sebagai tuan rumah.

Guna menjaga agar jaringan ICT always on, Telkom membangun tiga jaringan broadband dengan tiga jalur berbeda untuk menghubungkan area pelaksanaan APEC dengan international gateway.

Jalur satu menghubungkan NusaDua-Jimbaran-kabel laut-Benculuk (Kab Banyuwangi), jalur dua untu Nusa Dua-Kuta-Kaliasem-Negara-kabel laut-Muncar (Kab Banyuwangi) dan jalur tiga yaitu Nusa Dua-Jalan Tol-Benoa-Gianyar-Singaraja-Gilimanuk-Ketapang (kab Banyuwangi).

"Masing-masing jalur tersebut mampu melewatkan trafik internet dengan kecepatan 10 Gbps," kata GM Telkom Bali Selatan, Ketut Budi Utama saat konferensi pers di Denpasar, Senin (9/9/2013).

Kecepatan trafik itu diklaim sebagai tercepat dibanding dengan saat penyelenggara KTT APEC di Vladivostok di mana bandwith internet sebesar 6 Gbps.

Penyiapan infrastruktur dan layanan ICT pada event APEC 2013 di Bali, kata Ketut Budi, minimal setara dengan layanan ICT APEC di Vladivostok Rusia 2012.

Selain itu, disediakan lebih dari 600 akses poin yang desain pemasangannya langsung dikerjakan Cisco International. Telkom juga melengkapi jaringan dalam tiga gedung utama ini dengan tiga jalur Fiber Optik (FO) berbeda.

"Jadi tidak hanya jaringan aksesnya saja yang tiga homing tetapi jaringan IKG (instalasi Kabel Gedung) nya kami siapkan tiga homing," tambah Ketut.

Di samping wifi, kata dia, untuk media center yang diestimasi akan dihadiri lebih dari 3.000 awak media lokal dan internasional disiapkan, jaringan LAN untuk 700 PC. Sehingga di samping wifi, awak media bisa mengakses internet melalui PC yang disediakan.

Telkom juga menyediakan jaringan telepon untuk akses lokal, SLJJ dan internasional di ruang media center. "Sedangkan untuk keperluan media broadcast, Telkom menyediakan lima buah SNG (satellite news gathering) untuk keperluan awak media TV," ujarnya.

Infrastruktur jaringan internet di hotel-hotel merupakan jaringan serat optik yang terhubung di 2 jalur yang berbeda. "Kedua jalur ini terintegrasi dengan perangkat switch sehingga jika salah satu jaringan down (jatuh) maka secara otomatis akan di handle jaringan satunya," terang Budi.

Untuk kenyamanan berinternet saat peserta tidak dalam gedung, Telkom melalui Telkomsel akan menghadirkan jaringan LTE (Long Term Evolution) 4 G.

GM Network Operation Telkomsel Bali Nusra, Ganot Sunoto merencanakan lebih 30 BTS Tsel yang beroperasi mulai dari area Bandara Ngurah Rai sampai dengan Nusa Dua. BTS itu itu akan dilengkapi modul LTE yang mampu memberikan kecepatan sampai dengan 40 Mbps.

Keseluruhan infrastuktur layanan ICT ini digelar Telkom group dengan harapan, semua peserta APEC akan merasakan layanan ICT yang modern, full coverage, high capacity dan optimum quality yang tidak kalah dengan layanan di negara lain.

"Semoga dengan infrastruktur ICT yang digelar Telkom Group dengan sangat lengkap pada event APEC 2013 ini mampu membawa nama harum Indonesia di dunia internasional," harapnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0937 seconds (0.1#10.140)