Soal kedelai, Didik siap kritik Hatta Rajasa

Selasa, 10 September 2013 - 16:19 WIB
Soal kedelai, Didik...
Soal kedelai, Didik siap kritik Hatta Rajasa
A A A
Sindonews.com - Ekonom Kadin Didik J Rachbini menilai mahalnya harga kedelai saat ini adalah bentuk kegagalan pemerintah dalam menjaga tata niaga kedelai.

Didik bahkan menyebut apabila ada kebijakan tata niaga yang gagal dan dikomandoi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, maka dia rela mengkritik Hatta yang notabenenya atasannya di Partai Amanat Nasional (PAN).

"Kalau perlu saya berdebat dengan Dirjen-Dirjen di Kemendag. Bahkan Pak Hatta juga akan saya kritik, ini mengkritik kebijakannya bukan orangnya. Ini agar menjadi wake up call saja," ujar Didik di Universitas Paramadina, Jakarta, Selasa (10/9/2013).

Dia mengaku alasan dirinya mengkritik Hatta juga agar tidak ada tudingan-tudingan miring bahwa dia disetir pihak-pihak tertentu. "(Ada yang ngomong) katanya pak Didik disetir, enggak (benar), Pak Hatta pun akan saya kritik kebijakannya," lanjutnya.

Dia menyebut mahalnya harga kedelai sudah harus diantisipasi pemerintah, pasalnya anggota Komite Ekonomi Nasional Prof. Hermanto Siregar sudah memprediksikan bahwa harga komoditas pangan strategis seperti kedelai akan melonjak akibat kartel pangan.

"Presiden tahu dan beritahu para Menteri agar dibereskan. Tidak hanya itu, KPPU juga diperintahkan mengawasi, tahu-tahu Mendag berikan alokasi kepada pelaku kartel dengan jumlah besar," pungkas Didik.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1695 seconds (0.1#10.140)