TNI janji jaga objek vital sektor energi

Selasa, 10 September 2013 - 16:53 WIB
TNI janji jaga objek vital sektor energi
TNI janji jaga objek vital sektor energi
A A A
Sindonews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersinergi menjaga iklim investasi, terutama di sektor minyak dan gas (migas) di Indonesia.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyatakan, sinergi kedua lembaga pemerintah ini diwujudkan dengan kesiapannya menjaga obyek vital di sektor energi dan sumber daya mineral, khususnya migas. Pasalnya, menurut Moeldoko, proyek-proyek migas berhubungan erat dengan hajat hidup orang banyak.

"Saya datang untuk memahami lebih jauh dan memperkuat komitmen saya dalam mengamankan obyek vital nasional," kata Moeldoko di kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Selasa (10/9/2013).

Menurut Moeldoko, banyak investor besar menampati sektor energi dan sumber daya mineral, sehingga pihaknya berkomitman menjaga iklim investasi dengan sepenuhnya menjaga objek vital.

"Di Kementerian Energi banyak investor besar, harus diamankan. Misalnya pencurian minyak di Tempino Plaju sudah selesai. Seluruh fasilitas pencurian dengan tapping sudah kita hancurkan," tegas Moeldoko.

Dalam mengatasi pencurian minyak di Jalur Tempino-Plaju Sumatera Selatan TNI telah menurunkan pasukannya memberantas kilang-kilang tradisional dari hasil pencurian minyak di wilayah tersebut. Menurut Moeldoko, selama seminggu pasukannya bersama kepolisian mampu memberantas pencurian minyak di Tempino-Plaju.

Moeldoko menegaskan, TNI tidak pandang bulu menindak tegas terhadap siapa saja yang mengganggu kepentingan nasional. Bahkan, dia berjanji, tidak ada lagi pencurian minyak di Sumatera Selatan khsususnya di jalur Pipa Tempino-Plaju milik Pertamina.

"Ini wujud dari komitmen dan keseriusan kami. Bagi saya kalau mengganggu kepentingan nasional pasukan akan saya turunkan menyelesaikan masalah yang menggangu obyek vital nasional," tandasnya.

Sementara itu, Menteri ESDM Jero Wacik menyambut baik komitmen TNI menjaga objek vital disektor energi. Menurutnya, banyak sektor energi yang harus diamankan khususnya di sektor migas antara lain produksi minyak yang rawan dengan penyelundupan dan pencurian.

"Peran kami (Kementerian ESDM) cukup besar untuk memenuhi kebutuhan energi nasional. Maka harus diamankan," kata Jero.

Selain meminta pengamanan di sektor migas, Jero juga meminta agar TNI mengamankan sektor energi baru dan terbarukan dalam rangka mendorong pembangkit listrik non BBM. Tidak hanya itu, sektor ini merupakan solusi untuk menekan impor BBM yang selama merong-rong keuangan negara.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7798 seconds (0.1#10.140)