Harga sapi kurban di Jabar melejit

Selasa, 24 September 2013 - 15:05 WIB
Harga sapi kurban di Jabar melejit
Harga sapi kurban di Jabar melejit
A A A
Sindonews.com - Harga sapi hidup untuk kebutuhan kurban Idul Adha tahun ini di Jawa Barat (Jabar) mulai merangkak naik antara Rp2,5 juta hingga Rp3 juta per ekor.

Saat ini, harga sapi kurban pada kisaran Rp14,5 juta per ekor. Pada kondisi normal, harga sapi kurban berkisar Rp12 juta per ekor. Padahal, Hari Raya Idul Adha masih sekitar tiga pekan kedepan.

"Kenaikannya antara 10-15 persen," jelas Sekretaris Peternak Sapi Kerbau Indonesia (PSKI), Robi Agustiar di Bandung, Selasa (24/9/2013).

Menurutnya, harga jual sapi hidup dari tingkat peternak yaitu Rp40 ribu sampai Rp43 ribu per kilogram (kg). Di tingkat konsumen, sapi tersebut bisa dijual berkisar Rp45 ribu sampai Rp47 ribu per kg. Kenaikan untuk biaya transportasi serta perawatan sampai ke tingkat konsumen.

Robi mengakui, harga sapi kurban terus merangkak sejak beberapa pekan terakhir. Sampai Hari Raya Idul Adha, harga sapi diperkirakan akan terus meningkat. Namun, Robi tidak bisa memperkirakan berapa kisaran harga sapi mendekati hari H. Apabila permintaan melonjak, harga dipastikan terus naik.

Dia mengatakan, kenaikan harga sapi kurban, merupakan kondisi normal yang terjadi jelang Idul Adha. Sebagian peternak, justru menunggu momen tersebut untuk menikmati keuntungan maksimal.

Sapi yang patut dijadikan hewan kurban yaitu sapi jantan dengan bobot minimal 275 kg dan dalam kondisi sehat. Sedangkan sapi betina, harus memiliki bobot di atas 400 kg dan sehat.

"Ketersediaan sapi kurban cukup memadai. Kiriman sapi dari Jawa Tengah dan Jawa Timur terus berdatangan ke Jawa Barat," ungkap Robi.

Pasokan dari dua provinsi, lanjut dia, melengkapi stok sapi untuk kurban dari wilayah Jawa Barat. Sementara, di Jawa Barat, paling tidak ada sekitar 20 peternakan sapi berskala besar.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4964 seconds (0.1#10.140)