Pekan Batik Internasional dibuka Mendag

Rabu, 02 Oktober 2013 - 11:00 WIB
Pekan Batik Internasional dibuka Mendag
Pekan Batik Internasional dibuka Mendag
A A A
Sindonews.com - Pekan Batik Internasional (PBI) 2013 di Pekalongan yang digelar hari ini, Rabu (2/10/2013) dibuka Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

"Pak Gita Wirjawan yang membuka kegiatan," ujar Ketua Panitia PBI Dwi Ari Putranto di Kota Pekalongan, Rabu (2/10/2013).

Dia mengatakan, PBI berlangsung 2-6 Oktober 2013. PBI memang menjadi destinasi wisata budaya di Jawa Tengah. Setiap tahun digelar terutama sejak 2006-sekarang.

PBI bertempat di kompleks GOR Jetayu dan sekitarnya. Dari informasi, sebanyak 220 stan produk batik sudah terisi sedangkan untuk kerajinan 150 stan serta kuliner 70 stan dari berbagai provinsi dan kabupaten se-Indonesia.

Sementara itu, ada peserta dari luar negeri. Sedangkan sejumlah pejabat tingkat pusat dan daerah serta sejumlah delegasi dari luar negeri hadir pada pembukaan.

Rencananya, akan berlangsung pula gala dinner di halaman gedung negara. Sejumlah perancang busana nasional akan memamerkan pakaian yang dihasilkan oleh peragawan dan peragawati.

Selanjutnya, akan berlangsung seminar internasional tentang batik di kantor Pemerintah Kotata Pekalongan keesokan harinya. Acara lain yang ditunggu-tunggu masyarakat adalah Pekalongan Batik Carnaval pada tanggal 5 Oktober.

Karnaval ini menampilkan aneka produk batik dan budaya akan berlangsung sepanjang jalan Ahmad Yani pada pagi hingga siang hari. Pembuka adalah marching band Akademi Kepolisian. Selain itu, peserta dari Jember, Solo dan Jakarta dijadwalkan meramaikan karnaval.

Setiap malam para pengunjung akan menikmati festival lampion yang dipasang di seluruh area Pekan Batik International sebanyak 1.000 lampion.

Selain itu pada acara penutupan (6/10/2013) akan dibuat secara spektakuler menampilkan Batik International Transculture dan teatrikal batik yang akan menampilkan 500 oang penari dan ditutup dengan pesta kembang api serta pembagian hadiah pemenang lomba-lomba.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6069 seconds (0.1#10.140)