Pemerintah didesak berani kembangkan energi terbarukan

Rabu, 02 Oktober 2013 - 11:48 WIB
Pemerintah didesak berani kembangkan energi terbarukan
Pemerintah didesak berani kembangkan energi terbarukan
A A A
Sindonews.com - Ketua Umum Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) Rahmat Gobel meminta agar pemerintah mulai berani untuk mengembangkan energi terbarukan (renewable energy) yang relatif lebih mahal dibandingkan terus menggunakan energi fosil yang lebih murah tetapi hanya dalam jangka pendek.

Rahmat juga menyebut mayoritas masyarakat sudah terlalu banyak mendapatkan subsidi dan pada akhirnya hanya melihat sesuatu hal baru hanya dari murah dan mahalnya saja.

"Coba dipikirkan lagi bagaimana melihat sesuatu itu agak mahal tapi jelas berdampak secara jangka panjang," jelas Rahmat di Hotel Ayodya Nusa Dua, Bali, Rabu (2/10/2013).

Dia juga menekankan bahwa ke depannya energi terbarukan akan menjadi salah satu komponen penting dalam ekonomi berupa green economy dan harus segera mulai dikembangkan.

"Jadi nantinya semua hal terkait green economy itu dimulai dari penghematan dan penggunaan energi terbarukan tersebut," lanjutnya.

Rahmat juga menyayangkan pemerintah dalam hal ini Kementerian terkait yang cenderung lamban dalam mengimplementasikan strategi penggunaan energi terbarukan yang semestinya sudah dapat dimulai saat ini.

"Ini kan problemnya karena Kementerian sering tumpang tindih kebijakan, padahal secara visi pengembangan energi terbarukan sudah jelas biasanya buatan pemerintah," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5266 seconds (0.1#10.140)