Survei: Pemulihan Zona Euro di rekor tercepat

Kamis, 03 Oktober 2013 - 19:20 WIB
Survei: Pemulihan Zona Euro di rekor tercepat
Survei: Pemulihan Zona Euro di rekor tercepat
A A A
Sindonews.com - Kegiatan bisnis Zona Euro berlanjut naik pada September 2013 berada di angka tertinggi dalam 27 bulan, memberikan harapan baru pemulihan mengumpulkan kecepatan.

Markit Economics memperkirakan, komposit Indeks Manajer Pembelian (PMI) Zona Euro meningkat menjadi 52,2 poin pada September, dari 51,5 poin bulan sebelumnya. Sementara perkiraan pertama telah menunjukkan indeks di angka 52,1 poin.

Indeks ini sebagai indikator utama yang diandalkan sebagai gambaran iklim ekonomi telah meningkat setiap bulan sejak Maret lalu. Hal tersebut memperkuat harapan bahwa Zona Euro akan keluar dari resesi terpanjang dalam sejarah.

"PMI terakhir menegaskan, bahwa Zona Euro menikmati ekspansi kuartal terkuat selama lebih dari dua tahun pada kuartal pertama," kata ekonom Markit, Chris Williamson, seperti dilansir dari AFP, Kamis (3/10/2013).

Meskipun pertumbuhan terus dipimpin Jerman, kegiatan usaha dijemput Perancis, Irlandia dan Italia, yang menunjukkan tanda-tanda kembali ke pertumbuhan kuat. Bahkan, Spanyol kini stabil.

Sementara lembaga Kantor Uni Eropa, Eurostat mengatakan, harga ritel naik 0,7 persen pada Agustus, dari 0,5 persen pada bulan sebelumnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5259 seconds (0.1#10.140)