Negara berkembang APEC dituntut tingkatkan konsumsi

Kamis, 03 Oktober 2013 - 19:44 WIB
Negara berkembang APEC dituntut tingkatkan konsumsi
Negara berkembang APEC dituntut tingkatkan konsumsi
A A A
Sindonews.com - Asia Pasifik harus meningkatkan konsumsi rumah tangga sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi, seiring dengan upaya liberalisasi perdagangan dan investasi

Dilansir dari AFP, Kamis (3/10/2013) Forum studi Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) mencatat, kesenjangan pola konsumsi antara negara kaya dan berkembang di wilayah ini harus dipersempit agar pertumbuhan ekonomi dapat tercapai.

Analis mengatakan, berkurangnya permintaan di pasar ekspor utama yang sedang berjuang (dari resesi), seperti Amerika Serikat dan Eropa, konsumsi di Asia harus lebih bergairah sampai pasar domestik mendorong pertumbuhan ekonomi.

Menurut penelitian, konsumen di negara-negara berkembang APEC rata-rata menghabiskan USD3.111 per tahun, kurang dari 10 persen atau USD31.738 yang dihabiskan konsumen negara industri.

Populasi ekonomi negara berkembang di wilayah APEC sebanyak 81,7 persen, sedangkan pengeluaran rumah tangga mereka hanya berjumlah 30,5 persen dari total pengeluaran rumah tangga kelompok.

"Sebab itu, promosi konsumsi rumah tangga sangat penting tidak hanya untuk mengejar pertumbuhan APEC yang berkelanjutan, tetapi juga untuk memastikan pertumbuhan yang adil dan inklusif," jelas studi tersebut.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4999 seconds (0.1#10.140)