Muhaimin buka job fair khusus penyandang disabilitas

Jum'at, 04 Oktober 2013 - 18:27 WIB
Muhaimin buka job fair khusus penyandang disabilitas
Muhaimin buka job fair khusus penyandang disabilitas
A A A
Sindonews.com - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar membuka Pameran Bursa Kerja Nasional Ke-11 sekaligus meresmikan bursa kerja untuk penempatan Tenaga Kerja Khusus ke-1 bagi penyandang disabilitas di JIExpo, Kemayoran, Jakarta hari ini.

Bursa kerja yang berlangsung selama dua hari (4-5/10/2013) ini tidak gratis. Sedikitnya ada 120 perusahaan yang menyediakan sebanyak 4.326 lowongan kerja dari berbagai sektor jabatan, baik di dalam maupun luar negeri.

Lowongan pekerjaan yang tersedia antara lain untuk bidang komunikasi, teknologi informasi, kontraktor, teknologi perkapalan, otomotif, industri pengolahan, pertambangan, perbankan, distributor, farmasi, rekreasi, makanan, dan minuman.

"Job Fair merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempertemukan secara langsung para pencari kerja, baik pencari kerja umum maupun penyandang disabilitas dengan pemberi pekerjaan atau pengguna tenaga kerja," kata dia dalam rilisnya, Jumat (4/10/2013).

Di Lokasi pameran job fair 2013 ini terlihat ribuan pencari kerja datang ke tempat itu untuk mengisi lowongan pekerjaan yang telah disediakan perusahaan-perusahaan yang memerlukan tenaga kerja.

Muhaimin mengatakan, job fair seperti ini harus terus dilakukan baik ditingkat pusat dan daerah. Bahkan pemerintah bertekad untuk terus mendorong terciptanya kesempatan kerja seluas-luasnya dan menempatkan tenaga kerja secara inklusif dengan mengandeng berbagai pihak.

Job fair terbukti efektif sebagai solusi dalam menurunkan pengangguran di Indonesia. Hingga Februari 2013 jumlah pengangguran di Indonesia turun 70 ribu orang atau menjadi sekitar 7,17 juta penganggur.

"Jumlah pengangguran telah turun sebanyak 70 ribu orang menjadi 7,17 juta orang jika dibandingkan pada Agustus 2012 yang jumlahnya 7,24 juta orang," pungkas Muhaimin.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5833 seconds (0.1#10.140)