Telkom siapkan war room untuk KTT APEC

Sabtu, 05 Oktober 2013 - 10:13 WIB
Telkom siapkan war room untuk KTT APEC
Telkom siapkan war room untuk KTT APEC
A A A
Sindonews.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) memastikan segala persiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi ICT berkelas dunia untuk penyelenggaraan APEC sudah siap beroperasi.

Direktur Network IT & Solutions Telkom, Rizkan Chandra menegaskan kesiapan jajarannya dalam memberikan pelayanan telekomunikasi untuk kepentingan APEC saat menerima kunjungan Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring.

Tifatul meninjau Pusat Pengendalian dan Operasi Infrastruktur dan Layanan ICT (Information & Communication Technology) Telkom Group di Kantor Sentral Telkom di BTDC, Nusa Dua, Bali, Jumat (4/10/2013).

Kedatangan Menkominfo ini disambut jajaran direksi Telkom dan Telkomsel. Rizkan mengungkapkan, Telkom menyediakan War Room sebagai pusat pengendalian dan operasi seluruh infrastruktur dan layanan ICT yang disediakan.

"Kami telah menyediakan tim operasi yang yang akan selalu standby 24 jam untuk memantau dan melayani keluhan terkait layanan telekomunikasi," ujarnya.

Pihaknya berharap semua layanan dapat berjalan sebagaimana mestinya dan mampu meminimalisir kendala teknis yang muncul.

War Room Telkom terdiri dari berbagai fasilitas antara lain dashboard mobile, contact center, ruang kontrol serta ruang meeting & video conference.

Fasilitas tersebut dilengkapi dengan konten-konten seperti network monitoring dan event management. Melalui war room tersebut, jika terjadi gangguan bahkan baru sebatas potensi gangguan akan segera diketahui. Sehingga langsung dilakukan tindakan pencegahan ataupun perbaikan.

Selain Sentral Telkom, pengendalian dan monitoring infrastruktur ICT APEC juga dilakukan di Menara Multimedia Telkom, Jakarta dan Command Center kantor Telkomsel, Renon, Denpasar.

War room ini disiapkan untuk mengendalikan dan memonitor seluruh infrastruktur ICT Telkom Group untuk APEC 2013. Diantaranya meliputi STA, yakni switching (perangkat penghubung jalur komunikasi), transmission (satellite, fiber optic darat dan laut serta radio) dan access (sekitar 1500 access point, 1.344 Base Tranceiver Stations (BTS), 10 unit mobile BTS dan 6 unit mobile Wifi).

Selain itu, posko pengendalian ini juga digunakan untuk memantau layanan Telkom yang dikelompokkan dalam VIP (view, internet, phone). Posko ini dapat melihat kualitas Wifi, layanan 3G maupun 4G yang ada di lapangan.

Posko juga dapat melihat performansi maupun gangguan yang berpotensi muncul dari operasional BTS yang ada di sekitar lokasi APEC. Telkom dipercaya panitia APEC menyediakan layanan dan fasilitas telekomunikasi dengan jangkauan cukup luas yang mampu mencakup lima lokasi utama yaitu media center, akomodasi hotel, security, international airport dan venue (MASIV).

Selain itu, pada KTT APEC 2013 ini, anak perusahaan Telkom, Telkomsel, siap menyediakan akses telekomunikasi berkecepatan tinggi bagi para delegasi dan peserta yang berasal dari berbagai belahan dunia lewat jaringan 4G LTE (Long Term Evolution).
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4595 seconds (0.1#10.140)