Pilot project PPP PLTU Batang belum final

Senin, 07 Oktober 2013 - 09:29 WIB
Pilot project PPP PLTU Batang belum final
Pilot project PPP PLTU Batang belum final
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, rencana menjadikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang sebagai salah satu proyek percontohan (pilot project) bagi kerja sama pemerintah swasta (public private partnership/PPP) hingga saat ini belum final.

Dia mengakui, hal itu harus melihat skema PLTU Batang terlebih dahulu. Selain itu, Chatib menilai, rencana itu tidak dilakukan terburu-buru.

"Ini (pilot project PPP PLTU Batang) belum dimulai kok karena untuk Finance Minister Meeting tahun depan di Hong Kong," ujarnya kepada Sindonews di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Minggu (6/10/2013) malam.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, Indonesia telah menyodorkan proyek pembangunan PLTU Batang berkapasitas 2x1.000 megawatt (mw) sebagai proyek PPP yang bisa menjadi pilot project bagi PPP center Asia Pasific Economic Coorporation (APEC).

"(PLTU Batang) itu adalah proyek PPP kita yang pertama kali menggunakan skema yang sangat baik," ujar Hatta akhir pekan lalu.

Meski secara skema pembiayaan sudah berjalan, namun dia mengakui permasalahan pembangunan infrastruktur di Indonesia masih terkendala banyak persoalan.

Karena itu, pemerintah akan terus memperbaharui skema pembiayaan PPP tersebut dengan mekanisme studi yang juga dilengkapi data dari proyek infrastruktur.

"Jadi, nantinya investor sudah melihat data-data tersebut dengan baik apabila akan berinvestasi di proyek-proyek infrastruktur," pungkas Hatta.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0412 seconds (0.1#10.140)