Pengangguran jadi kendala utama ekonomi Asia Timur

Senin, 07 Oktober 2013 - 12:48 WIB
Pengangguran jadi kendala utama ekonomi Asia Timur
Pengangguran jadi kendala utama ekonomi Asia Timur
A A A
Sindonews.com - Bank Dunia menilai tingkat pengangguran yang masih tinggi sebagai salah satu kendala utama negara-negara di kawasan Asia Timur dan Pasifik untuk dapat bangkit dari keterpurukan kendati diproyeksi dapat menjadi mesin penggerak perekonomian global yang menyumbang 40 persen dari pertumbuhan Produk Domestik Bruoto (PDB) global.

Wakil Presiden Bank Dunia Asia Timur dan Pasifik Axel van Trotsenburg mengatakan, bursa tenaga kerja dan kontribusi terhadap pertumbuhan dan kesejahteraan rumah tangga merupakan kekhawatiran yang terus berkembang di Asia Timur Pasifik.

"Pengangguran usia muda yang tinggi, kesenjangan yang meluas dan keterbatasan ketrampilan menjadi masalah yang mendasar," ujar Axel di Kantor Bank Dunia, Jakarta, Senin (7/10/2013).

Menurutnya, kondisi utama yang melandasi kekhawatiran ini adalah tingkat perkembangan perekonomian informal yang semakin meluas dan tak terakomodasi oleh kebijakan dari para pemangku kebijakan.

"Untuk mencapai hal ini, kebijakan perlu juga mendorong mobilitas buruh dan sumber daya manusia dan tidak semata-mata memihak pada pekerjaan tertentu saja, misalnya pekerja penuh waktu di bidang manufaktur," ungkap dia.

Selain itu, negara-negara agraris perlu fokus untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Sementara untuk negara-negara yang sedang mengalami urbanisasi, kata dia, tata kota menjadi sangat penting.

"Negara-negara di kepulauan Pasifik perlu menyediakan modal keterampilan bagi generasi muda yang mencukupi agar mereka sukses menjadi pekerja migran di luar negeri," tutupnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6036 seconds (0.1#10.140)