Surplus perdagangan Jerman Agustus naik moderat

Selasa, 08 Oktober 2013 - 19:56 WIB
Surplus perdagangan Jerman Agustus naik moderat
Surplus perdagangan Jerman Agustus naik moderat
A A A
Sindonews.com - Surplus perdagangan Jerman pada Agustus naik sederhana, meskipun pelemahan permintaan dari negara-negara yang menggunakan mata uang euro berlanjut.

Dilansir dari News OK, Selasa (8/10/2013) Kantor Statistik Federal Jerman, Destatis mengatakan, ekspor disesuaikan dengan perbedaan musim dan kalender mencapai 91,5 miliar euro (USD124,2 miliar) pada Agustus, atau lebih tinggi 1 persen dari bulan sebelumnya.

Sementara itu, impor hanya tumbuh di tingkat bulanan 0,4 persen menjadi 75,9 miliar euro. Itu berarti surplus meningkat menjadi 15,6 miliar euro dari Juli sebesar 15,0 miliar euro, potensi positif bagi pertumbuhan ekonomi Jerman.

Jerman menjadi faktor utama mengapa Zona Euro secara keseluruhan membukukan pertumbuhan pada kuartal kedua tahun ini, setelah enam kuartal mengalami kontraksi ekonomi.

Dalam laporan terpisah, Departemen Ekonomi Jerman mengatakan, pesanan pabrik turun 0,3 persen pada Agustus dari bulan sebelumnya. Pesanan pada Juli sudah tergelincir 1,9 persen dari Juni, tetapi kementerian mengatakan perkembangan volume pesanan barang besar masih lebih tinggi dari rata-rata kuartal kedua.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6306 seconds (0.1#10.140)