IMF pangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi dunia

Selasa, 08 Oktober 2013 - 20:32 WIB
IMF pangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi dunia
IMF pangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi dunia
A A A
Sindonews.com - Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global, dan memperingatkan prospek bisa lebih suram jika politik keuangan Amerika Serikat (AS) mengalami kebuntuan.

IMF mencatat, ekonomi dunia tahun ini diperkirakan hanya akan tumbuh 2,9 persen year-on-year (yoy), merevisi ke bawah proyeksi pertumbuhan pada Juli sebesar 0,3 poin persentase. Demikian pula untuk perkiraan pertumbuhan 2014, IMF memangkas prediksi ekonomi menjadi 3,6 persen dari pembacaan Juli sebesar 0,2 poin persentase.

"Empat tahun setelah resesi besar berakhir pertumbuhan global masih di gigi rendah," kata IMF dalam laporan World Economic Outlook-nya, seperti dilansir dari AFP, Selasa (8/10/2013).

"Pertumbuhan global masih lemah, dinamika yang mendasari perubahan dan perkiraan risiko tetap downside," jelasnya.

Dua risiko utama selama ini adalah kekhawatiran rencana Federal Reserve AS (Fed) keluar dari kebijakan pelonggaran moneter guna menarik diri dari jurang depresi, dan melambatnya pertumbuhan ekonomi China.

IMF mengatakan, pasar keuangan tumbuh bahwa kebijakan moneter AS akan mencapai titik balik setelah pejabat Fed berbicara pada Mei lalu, tentang rencana pengurangan program pembelian aset USD85 miliar per bulan, yang dikenal sebagai pelonggaran kuantitatif (QE).

Adapun China, semakin mungkin ekonomi terbesar kedua di dunia itu akan tumbuh lebih lambat dalam jangka menengah daripada sebelumnya, terutama pada prospek ekspor komoditas ke dan dari negara berkembang.

Secara keseluruhan, IMF tidak mengubah perkiraan pertumbuhan produk domsetik bruto (PDB) negara maju, sebesar 1,2 persen pada 2013 dan 2,0 persen pada 2014.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0922 seconds (0.1#10.140)