Ali Masykur dorong kedaulatan pangan dalam negeri

Rabu, 09 Oktober 2013 - 19:37 WIB
Ali Masykur dorong kedaulatan...
Ali Masykur dorong kedaulatan pangan dalam negeri
A A A
Sindonews.com - Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Ali Masykur Musa mendesak pemerintah untuk segera mewujudkan komitmennya terhadap kedaulatan pangan.

“Pemerintah harus fokus membuat kebijakan yang mampu mendorong peningkatan kesejahteraan petani dan mampu memastikan ketahanan pangan di dalam negeri, khususnya pencetakan sawah baru," ujar pria yang akrab disapa Cak Ali ini, saat menjadi pembicara utama di Seminar Nasional Ketahanan Pangan, Universitas Mercubuana Yogyakarta, Rabu (9/10/2013).

Menurut Cak Ali, peningkatan produktivitas pangan dalam negeri harus dilaksanakan, apalagi mengingat kebijakan impor sebagai jalan pintas masih saja diterapkan.

"Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) setiap tahunnya impor beras mencapai angka 2,2 juta ton, sedangkan laju alih fungsi lahan produktif setiap tahun mencapai 120 ribu Ha. Kalau dibiarkan maka impor beras tidak terhindarkan," katanya.

Cak Ali, yang merupakan Capres Konvensi Partai Demokrat mengatakan, sesungguhnya banyak jalan yang bisa ditempuh untuk menyukseskan program peningkatan produksi. Di antaranya, revolusi hijau dan sistem pertanian pangan terpadu dengan memaksimalkan teknologi untuk menciptakan bibit unggul dan alat pendukung pertanian yang efektif.

Selain itu, lanjut Cak Ali, langkah strategis yang harus diambil Kementerian Pertanian adalah segera memperbaiki infrastruktur dan irigasi pertanian yang rusak parah setelah era otonomi daerah akibat saling lempar tanggung jawab.

"Dan, yang paling penting, pemerintah harus berkomitmen kuat memproteksi pasar untuk produk pertanian dalam negeri. Negara harus memuliakan petani. Mereka adalah tulang punggung kedaulatan pangan negara ini. Petani harus sejahtera di negara agraris ini," tandas Ketua Umum ISNU ini.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0483 seconds (0.1#10.140)