Adira Insurance bidik segmen mikro

Rabu, 09 Oktober 2013 - 20:38 WIB
Adira Insurance bidik segmen mikro
Adira Insurance bidik segmen mikro
A A A
Sindonews.com - PT Asuransi Adira Dinamika mulai menyasar pasar asuransi mikro yang memiliki tingkat pendapatan rendah. Perseroan saat ini masih mengandalkan produk micro financing yang mencatatkan premi mencapai Rp100 miliar.

Technical Deputy Director Adira Insurance, Rismauli Silaban mengatakan, saat ini kontribusi segmen mikro masih sangat kecil. Saat ini pertumbuhan premi penjualan produk asuransi mikro mencapai 5-10 persen. Namun untuk pertumbuhan preminya masih sangat kecil.

"Segmen mikro masih mengandalkan micro finance yang bekerjasama dengan Bank Danamon dan beberapa BPR. Kontribusi produk ini sebesar 4-5 persen, dengan jumlah nasabahnya dalam setahun rata-rata mencapai 250 orang. Produknya merupakan asuransi kerugian tanpa agunan untuk pengusaha UMKM," ujar Rismauli dalam jumpa persnya di Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Dia juga mengatakan, perseroan juga sedang menggenjot produk di segmen mikro lainnya seperti asuransi demam berdarah (DBD). Produk ini memiliki premi Rp50 ribu per tahun dan mampu mengcover biaya hingga Rp5 juta. Saat ini produk tersebut masih memiliki 40 ribu nasabah setiap tahunnya setelah dua tahun diluncurkan.

"Produk ini baru berkembang dalam setahun terakhir dengan sistem marketing yang tepat. Kedepan kami juga akan meluncurkan produk asuransi tipus. Menariknya dua produk ini bisa diberikan untuk orang lain, seperti keluarga atau pembantu rumah tangga," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengatakan perkembangan asuransi mikro masih kesulitan dalam mencari jalur distribusi ke masyarakat. Hal ini membuat produk segmen tersebut belum maksimal digarap karena harga satuannya akan mahal. Kedepan perseroan berniat menggandeng beberapa bank demi meraih jalur distribusi yang lebih luas.

"Dengan bekerjasama dengan bank kami bisa mendistribusikan lebih luas sehingga sesuai tujuan meraih segmen unbankable," ujarnya.

Hingga saat ini produk khusus asuransi mikro cukup stabil karena perseroan mengelola resiko dengan baik. Walaupun begitu perseroan masih akan terus meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya berasuransi.

Perseroan berusaha mengedukasi masyarakat bahwa asuransi tidak akan merugikan karena perbandingan premi dan pertanggungjawaban bisa mencapai 100-1000 kali lipat. Perseroan memiliki empat produk utama dalam mikro seperti personal accident, properti, kendaraan bermotor, dan kesehatan.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9208 seconds (0.1#10.140)