Indosat-SubPartners kerja sama kembangkan kabel laut APX-West

Kamis, 10 Oktober 2013 - 16:33 WIB
Indosat-SubPartners kerja sama kembangkan kabel laut APX-West
Indosat-SubPartners kerja sama kembangkan kabel laut APX-West
A A A
Sindonews.com - Dalam rangka memperkuat layanannya, PT Indosat Tbk (ISAT) menjalin kerja sama dengan SubPartners Pty Ltd (SubPartners) untuk ikut dalam pengembangan sistem kabel bawah laut APX-West yang akan menghubungkan Perth, Australia ke Changi Utara, Singapura.

Kerja sama tersebut direalisasikan dalam penandatangan memorandum of understanding (MoU) antar kedua pihak yang dilakukan hari ini.

"Kerja sama pengembangan kabel laut ini, selain bertujuan untuk memperkuat dan meningkatkan kualitas infrastruktur jaringan internasional kami, juga menjadi bagian dari strategi kami dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas layanan data karena pertumbuhan trafik komunikasi data internasional yang terus meningkat," ujar President Director dan CEO Indosat Alexander Rusli dalam rilis yang diterima Sindonews, Kamis (10/10/2013).

APX-West adalah bagian dari proyek pembangunan kabel laut APX Project yang juga menghubungkan Sydney dan USA sebagai bagian dari APX-East. Dengan kesepakatan ini, Indosat akan berpartisipasi untuk membangun koneksi dari APX-West ke stasiun kabel laut Indosat di Ancol, Jakarta.

Dengan koneksi ini, kapasitas dan kehandalan komunikasi Indosat ke Singapura akan meningkat dan Indosat mempunyai opsi untuk meningkatkan kapasitas komunikasinya ke pasar Australia melalui Perth.

Dengan demikian, sebagai mitra dalam kerja sama ini, Indosat akan menjadi satu-satunya operator APX-West dan mitra penjualan berlisensi di Indonesia.

Dia menjelaskan, kerja sama ini selain untuk menjawab pertumbuhan trafik data internasional, juga memberikan Indosat akses ke teknologi kabel laut terbaru dan beragam rute tambahan dari Jakarta ke Singapura, yang tidak hanya akan menguntungkan Indosat dan pelanggan, tapi Indonesia secara keseluruhan.

"Koneksi jaringan kabel laut Indosat ke APX-West akan melengkapi dan menambah jaringan kabel bawah laut internasional Indosat yang sudah ada seperti JAKABARE, SMW3 & AAG," tegas dia.

Sebagai operator telekomunikasi internasional yang cukup berpengalaman, Indosat sendiri telah mengoperasikan sistem komunikasi kabel laut sebagai salah satu jaringan tulang punggung (backbone) untuk menyalurkan trafik dari Indonesia ke seluruh dunia.

Hingga saat ini, Indosat telah memiliki dan mengoperasikan berbagai sistem kabel laut, antara lain Jakabare (Jakarta–Kalimantan–Batam–Singapore), SMW3 (South East Asia-Middle East-West Europe), JaSutera (Jawa–Sumatera), Jambi-Batam-Singapore, AAG (Asia–America Gateway), Javali (Jawa–Bali), Jakasusi (Jawa– Kalimantan–Sulawesi), Jakarta–Surabaya.

Di samping memanfaatkan jaringan kabel laut, Indosat juga memiliki jaringan terestrial yang menghubungkan sistem komunikasi dari Surabaya ke Madura, backbone pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan (Banjarmasin–Balikpapan–Samarinda, Banjarmasin–Palangkaraya–Sampit) dan Sulawesi (Makasar–Palu).
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2853 seconds (0.1#10.140)