Bank BJB akan beri modal TKI

Jum'at, 11 Oktober 2013 - 11:16 WIB
Bank BJB akan beri modal TKI
Bank BJB akan beri modal TKI
A A A
Sindonews.com - Rencana PT Bank Pembangunan Daerah Jabar dan Banten Tbk (BJBR) atau yang biasa dikenal Bank BJB menggarap tenaga kerja Indonesia (TKI) akan ditindaklanjuti melalui pinjaman modal bagi calon TKI.

Menurut Direktur Utama Bank BJB, Bien Subiantoro, fokus Bank BJB menggarap market dari TKI akan ditindaklanjuti melalui pemberian skema pembiayaan bagi para TKI. Salah satunya pinjaman biaya pelatihan bagi calon TKI.

Upaya tersebut, kata dia, bermula dari keprihatinan nasib para TKI yang membutuhkan pembiayaan. Dana tersebut digunakan untuk biaya pelatihan sebelum keberangkatan ke luar negeri.

Bank BJB diharapkan mampu menjadi penyedia pembiayaan bagi TKI yang membutuhkan biaya pelatihan sebelum menjadi TKI. "Bunganya ringan, sehingga terjangkau," kata Bien di Bandung, Jumat (11/10/2013).

Sementara, platform kredit yang diterapkan berkisar Rp50 juta sampai Rp100 juta per orang. Salah satu skema lainnya yang akan di tawarkan Bank BJB yaitu pembiayaan mikro pascabekerja di luar negeri. Dengan harapan, uang hasil kerja dipakai secara produktif.

Selama ini, lanjut Bien, banyak TKI yang mendapat pembiayaan dari bank asing. Bunga yang dipatok cukup tinggi. Dengan masuknya Bank BJB, diharapkan meringankan TKI Indonesia. Sehingga TKI yang belum berangkat tidak terbebani oleh tingginya modal berangkat ke luar negeri.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7653 seconds (0.1#10.140)