Trio profesor Amerika raih nobel ekonomi

Senin, 14 Oktober 2013 - 18:54 WIB
Trio profesor Amerika raih nobel ekonomi
Trio profesor Amerika raih nobel ekonomi
A A A
Sindonews.com - Trio Amerika Serikat (AS) Lars Peter Hansen, Eugene Fama dan Robert Shiller memenangkan penghargaan nobel ekonomi atas terobosannya pada tren aset pasar.

"Ketiganya telah meletakkan dasar pemahaman harga aset. Hal ini bergantung sebagian pada fluktuasi risiko dan sikap risiko, serta sebagian perilaku bias dan friksi pasar," kata Royal Swedish Academy of Sciences, seperti dilansir dari AFP, Senin (14/10/2013).

Fama dan Hansen keduanya adalah profesor dari University of Chicago. Sementara Shiller, seorang profesor dari Yale University di Connecticut.

Penghargaan ini didirikan pada 1968 oleh Bank Sentral Swedia untuk merayakan tiga ratus tahun. Sementara hadiah lainnya telah diberikan sejak 1901.

Amerika telah mendominasi daftar Nobel ekonomi, yaitu sebanyak 17 dari 20 pemenang dalam 10 tahun terakhir. Tahun lalu, Alvin Roth dan Lloyd Shapley dari AS memenangkan nobel atas pekerjaan mereka terhadap fungsi pasar dan cara terbaik dalam menyesuaikan penawaran dan permintaan.

Penganugerahan nobel tahun ini, ditandai dengan penghargaan di bidang fisika kepada Higgs boson, di bidang sastra atas cerita pendeknya untuk penulis Alice Munro (Kanada), dan hadiah perdamaian kepada organisasi yang didukung PBB terkait Larangan Senjata Kimia.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9520 seconds (0.1#10.140)