Standar mutu RI sejajar dengan tiga negara ini

Sabtu, 19 Oktober 2013 - 11:04 WIB
Standar mutu RI sejajar...
Standar mutu RI sejajar dengan tiga negara ini
A A A
Sindonews.com - Badan Standardisasi Nasional (BSN) terus menyuarakan peningkatan standar mutu perusahaan Indonesia. Tidak hanya standar mutu produk barang, standar jasa pelayanan juga terus dikejar agar terus ditingkatkan.

Kepala BSN Bambang Prasetya mengatakan, standar mutu Indonesia sudah sejajar dengan Malaysia, Thailand dan Filipina. Namun demikian, Indonesia masih ketinggalan dari Australia.

"Penerapan (standar mutu) kita melihat selaras dengan Thailand, Singapura kita sudah standar ISO. Kita agak imbang dengan negara tersebut. Tapi kita akui standar mutu jasa kita masih di bawah Singapura," ucap Bambang di JCC, Jakarta, Jumat (18/10/2013) malam.

Bambang meminta kepada perusahaan di Indonesia terus mengembangkan standar mutu. Walaupun saat ini posisi standar mutu Indonesia cukup baik di ASEAN, namun masih harus terus tetap ditingkatkan.

Sementara itu, BSN menganugerahi beberapa perusahaan yang nyata meningkatkan standar mutu mereka. BSN menyeleksi 180 perusahaan dari 15 provinsi yang dibagi dalam 10 kategori.

"Antusias perusahaan yang ikut luar biasa. Mereka peduli terhadap standar mutu. Secara umum standar mutu sudah bagus, khususnya perusahaan menengah dan kelas besar," kata Bambang

Berikut 10 industri/organisasi yang menerima SNI Award 2013 di Jakarta Convention Center (JCC), yang juga di hadiri Menteri Perindustrian MS Hidayat.

1.Kategori Perusahaan/Organisasi Kecil Jasa: Balai Diklat Industri Yogyakarta

2.Kategori Perusahaan/Organisasi Menengah Jasa: Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Jakarta

3.Kategori Perusahaan/Organisasi Besar Jasa: PT Schneider Indonesia Unit Indonesia Execution Center (IEC), Jakarta

4.Kategori Perusahaan Kecil Barang: PT Bahagia Jaya Sejahtera, Bogor

5.Kategori Perusahaan Menengah Barang Sektor Pangan dan Pertanian: PT Gunung Subur Sejahtera, Solo

6.Kategori Perusahaan Menengah Barang Sektor Elektroteknika, Logam, dan Produk Logam: PT Agrindo Maju Lestari, Tangerang

7.Kategori Perusahaan Menengah Barang Sektor Kimia dan Serbaaneka: PT Timur Raya Tunggal Unit Kerawang

8.Kategori Perusahaan Besar Barang Sektor Pangan dan Pertanian: PT Tiga Pilar Sejahtera, Solo

9.Kategori Perusahaan Besar Barang Sektor Elektroteknika, Logam dan Produk Logam: PT Schneider Indonesia Unit Cikarang, Bekasi

10.Kategori Perusahaan Besar Barang Sektor Kimia dan Serbaaneka: PT Semen Indonesia Tbk, Gresik
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0817 seconds (0.1#10.140)