Bisnis taksi di Makassar makin menggeliat

Senin, 21 Oktober 2013 - 15:49 WIB
Bisnis taksi di Makassar makin menggeliat
Bisnis taksi di Makassar makin menggeliat
A A A
Sindonews.com - Bisnis Taksi di kota Makassar akan semakin kencang. Jasa transportasi PT Multiniaga Transporindo hari ini meluncurkan puluhan unit taksi baru dengan brand warna putih.

Direktur Multiniaga Group, Mubyl Hamdaling mengatakan, pihaknya sengaja melakukan ekspansi baru di bidang transportasi melihat pertumbuhan ekonomi Sulsel yang bagus. Sehingga bisnis ini dinilai memiliki peluang menjanjikan.

Mubyl optimis ditengah persaingan bisnis taksi, Multiniaga Transporindo dapat bertahan. Supir sebagai ujung tombak utama telah dibekali pengetahuan sikap dan nilai kejujuran.

“Izinnya sudah lama keluar. Jelang Pemilihan Gubernur kemarin. Kami mendapat kuota 100 unit. Kali ini kami luncurkan 50 unit. Rencananya, akhir tahun 100 unit sudah beroperasi semua,” ungkapnya, Senin (21/10/2013).

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengusaha Taksi Makassar Burhanuddin mengatakan, dari 12 operator taksi yang ada, total unit taksi yang dioperasikan baru 1100 unit dari 2100 kuota.

Adanya keterbatasan ini, karena 12 unit operator tersebut belum memiliki kemampuan untuk pengadaan armada full sesuai izin yang telah dikeluarkan. “Banyak faktor yang menyebabkan kuota belum terpenuhi termasuk peremajaan kendaraan,” katanya.

Pengusaha taksi, lanjutnya, akan sulit berkembang karena harga mobil makin tinggi dibanding pendapatan yang diterima. Belum lagi bunga bank yang semakin tinggi. Sementara pengusaha banyak mengandalkan pembiyaan modal dari kredit perbankan.

Meski demikian, di tengah gepuran mobil murah yang diperkirakan mencapai 2.500 unit per bulan di Kota Makassar, Burhanuddin optimis tidak akan mempengaruhi bisnis taksi. Sarana transportasi taksi, sebut dia, memiliki segmen konsumen tersendiri.

“Bandara diperluas, trafik kunjungan penerbangan meningkat. Begitupula dengan pertumbuhan hotel semakin banyak menjadi indikator jika taksi akan semakin dibutuhkan,” tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5999 seconds (0.1#10.140)