Gaji karyawan baru Freeport Rp20 juta/bulan

Selasa, 22 Oktober 2013 - 16:28 WIB
Gaji karyawan baru Freeport Rp20 juta/bulan
Gaji karyawan baru Freeport Rp20 juta/bulan
A A A
Sindonews.com - PT Freeport Indonesia dan serikat pekerja menyepakati perubahan komponen serta besaran gaji pokok. Hal ini berdampak langsung pada kenaikan pendapatan tenaga kerja hingga Rp20 juta per bulan untuk tenaga kerja tingkat pratama.

Ketua Serikat Pekerja Freeport, Sudiro merinci pendapatan total (take home pay) yang diperoleh pekerja lulusan S1 (fresh graduate) atau yang disebut pekerja tingkatan pratama, terdiri dari gaji pokok dan sejumlah tunjangan.

"Terbawah (gaji) karyawan prartama, gaji pokoknya Rp8 juta sekian. Kalau take home pay Rp20 juta. Itu ada tunjangan produksi dan tunjangan lainnya," kata dia di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (22/10/2013).

Di Freeport, kata Sudiro, karyawan pratama adalah sebutan untuk karyawan level terbawah. Di mana secara keseluruhan, PT Freeport memiliki empat jenjang karier yaitu, pratama, muda, madya, dan utama.

Sehingga, besaran gaji yang dibawa pulang karyawan Freeport masih mungkin meningkat jauh lebih besar lagi sesuai jenjang kariernya.

"Kalau pratama itu pekerja paling bawah, prajurit istilahnya. kalau madya itu sudah tingkat utama, presiden direktur saya tidak tahu berapa (gajinya)?" pungkasnya.

Seperti diketahui, selama beberapa bulan terakhir ini, isu gaji terus mewarnai aktivitas karyawan Freeport. Serikat pekerja pun beberapa mengeglar unjuk rasa menuntut kenaikan upan.

Hal tersebut tidak terlepas dari puluhan pekerja Freeport yang tewas karena tertimbun longsor di area Big Gossan, Papua beberapa bulan lalu.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5453 seconds (0.1#10.140)