Pengusaha tak khawatir rupiah melemah

Selasa, 29 Oktober 2013 - 14:01 WIB
Pengusaha tak khawatir rupiah melemah
Pengusaha tak khawatir rupiah melemah
A A A
Sindonews.com - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi mengatakan kalangan pengusaha bisa menerima nilai tukar rupiah hingga mencapai Rp12.000 per dolar Amerika Serikat (USD) untuk memperbaiki perekonomian nasional.

"Kita bisa terima jika kurs naik Rp11.000 hingga Rp12.000, karena memang keadaan rupiah yang masih naik turun, cenderung sering turun," ucapnya di sela-sela konferensi pers di Kantor Apindo Jakarta, Selasa (29/10/2013).

Selain itu, Sofjan juga menilai kenaikan kurs rupiah terhadap dolar AS juga untuk membiayai defisit neraca pembayaran.

"Suku bunga sudah naik, kurs rupiah terhadap dolar AS juga naik, apalagi dengan adanya demo ini terjadi perlambatan ekonomi," imbuh dia.

Sofjan menuturkan, pengusaha dan pemerintah telah sepakat untuk menjaga pertumbuhan ekonomi pada kisaran 6,2 persen dengan menumbuhkan gairah investasi dalam negeri. Namun, menurutnya jika pertumbuhan ekonomi mencapai 5,5 persen sudah cukup bagus.

Dia berharap keputusan Upah Minimum Provinsi (UMP) ini sebelum Januari sudah selesai. Sehingga pekerja yang juga menjadi aspek dalam jalannya pertumbuhan ekonomi bisa kembali stabil dan fokus.

Seperti diketahui, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) siang ini makin melemah seiring terkoreksinya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan sesi I perdagangan.

Posisi nilai tukar rupiah terhadap USD berdasarkan data Bloomberg siang ini di level Rp11.100/USD atau terdepresiasi dibanding penutupan hari kemarin di level Rp11.055/USD. Posisi siang ini makin melemah jika dibanding pembukaan pagi tadi, yang berada di level Rp11.080/USD.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7516 seconds (0.1#10.140)