Dahlan: Pertamina kelola kilang Tuban bulan depan

Rabu, 30 Oktober 2013 - 11:30 WIB
Dahlan: Pertamina kelola kilang Tuban bulan depan
Dahlan: Pertamina kelola kilang Tuban bulan depan
A A A
Sindonews.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan mengatakan, PT Pertamina (Persero) akan mulai mengelola kilang minyak Tuban pada November mendatang.

Pertamina akan mengolah kondesat menjadi BBM, dimana kilang yang sebelumnya dikelola PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) itu berkapasitas 100.000 barel perhari yang diharapkan bisa menambah jumlah produksi bahan bakar minyak (BBM) nasional.

Dahlan mengatakan, pengelolaaan kilang Tuban bisa dimulai setelah pemerintah sukses mengambil alih PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum). "Saya mendukukung Pertamina mengelola TPPI di Tuban, tentunya setelah penyerahan PT Inalum," ungkapnya di kantor Pertamina Pusat, Jakarta, Rabu (30/10/2013).

Seperti diberitakan sebelumnya, kilang pengolahan BBM yang dioperasikan TPPI di Tuban, Jawa Timur, akan kembali beroperasi. Hal ini untuk mengoptimalkan kapasitas kilang di dalam negeri dan memberi pemasukan bagi perusahaan itu.

Menurut Wakil Presiden Komunikasi Korporat PT Pertamina (Persero) Ali Mundakir, manajemen PT Pertamina sudah mengambil alih manajemen PT Trans Pacific Petrochemical Indotama sejak Oktober 2012. ”Rencananya kilang akan dioperasikan kembali awal November nanti. Jika ada alokasi kondensat untuk kilang TPPI, tentunya akan sangat membantu,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Namun sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi resmi dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengenai kondensat yang akan diolah di kilang TPPI.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5641 seconds (0.1#10.140)