AirAsia Indonesia perkuat konektivitas dari Bandung

Rabu, 06 November 2013 - 14:13 WIB
AirAsia Indonesia perkuat konektivitas dari Bandung
AirAsia Indonesia perkuat konektivitas dari Bandung
A A A
Sindonews.com - AirAsia Indonesia hari ini kembali memperkenalkan Bandung ke dunia internasional melalui peluncuran rute dari Johor Bahru (Malaysia) menuju Ibu Kota Jawa Barat itu.

Maskapai ini akan melayani penerbangan Bandung–Johor Bahru mulai 1 Desember 2013 sebanyak 4 kali dalam sepekan yakni pada Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu, menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 kursi penumpang.

Dharmadi, CEO AirAsia Indonesia mengatakan hari ini merupakan hari yang menggembirakan bagi pihaknya seiring dengan peluncuran rute Bandung–Johor Bahru.

“Rute ini akan menjadi rute internasional ketiga yang akan beroperasi dari hub Bandung melengkapi dua rute yang sudah ada yaitu Singapura dan Kuala Lumpur. Pembukaan rute Bandung – Johor Bahru ini merupakan salah satu komitmen kami dalam mengembangkan hub Bandung dan mempromosikan kota ini ke mancanegara,” kata dia dalam rilis di jakarta, Rabu (6/11/2013).

Selain itu, lanjut dia, pembukaan rute ini juga bertujuan untuk mengakomodir tingginya permintaan travellers dari Bandung ke Johor Bahru dan juga sebaliknya.

“AirAsia Indonesia adalah maskapai pertama yang membuka rute penerbangan internasional dari dan ke Bandung, pertama ke Kuala Lumpur lalu kedua ke Singapura. Kami berharap peluncuran rute baru ke Johor Bahru ini dapat semakin meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia sehingga mendukung peningkatan bisnis dan pariwisata antar kedua negara,” tambah Dharmadi.

Dia mengungkap, Johor Bahru merupakan sebuah destinasi wisata baru yang sedang berkembang cukup pesat di Malaysia.

Dengan letaknya yang strategis, berdekatan dengan Singapura, kota ini menawarkan beragam atraksi menarik bagi keluarga mulai dari tempat bermain (theme park) ternama seperti LEGOLAND, Sanrio Hello Kitty Town sampai wisata belanja dengan keberadaan Johor Premium Outlets (JPO) yang menjual barang-barang brand fashion terkemuka. Johor Bahru juga merupakan tempat bagi traveller yang menggemari wisata sejarah dan kuliner.

Selain itu, bersamaan dengan peluncuran rute Bandung–Johor Bahru hari ini, AirAsia Indonesia juga mengumumkan rencana perusahaan untuk meningkatkan frekuensi penerbangan rute Bandung–Denpasar (dari 2x per hari menjadi 3x per hari), Bandung–Singapura (dari 2x per hari menjadi 3x per hari) serta Bandung–Kuala Lumpur (dari 3x per hari menjadi 4x per hari) mulai 1 Desember 2013.

Saat ini, AirAsia Indonesia mengoperasikan 4 rute domestik menuju Medan, Pekanbaru, Surabaya dan Denpasar, serta 2 rute internasional menuju Singapura dan Kuala Lumpur dari hub Bandung dengan total 70 penerbangan per minggu.

Dia menuturkan, seiring dengan penambahan rute dan frekuensi tersebut, AirAsia Indonesia akan mengoperasikan 95 penerbangan per minggu dengan peningkatan kapasitas sampai dengan 29 persen mulai 1 Desember 2013.

Rata-rata load factor penerbangan AirAsia Indonesai dari Bandung berkisar 80 persen dan hub di Jawa Barat ini merupakan kontributor pendapatan terbesar ke-4 setelah Jakarta, Denpasar, dan Surabaya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6675 seconds (0.1#10.140)