Produksi minyak Sukowati tahun ini tak capai target

Kamis, 14 November 2013 - 18:25 WIB
Produksi minyak Sukowati tahun ini tak capai target
Produksi minyak Sukowati tahun ini tak capai target
A A A
Sindonews.com - Join Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB P-PEJ) menyatakan, produksi minyak Lapangan Sukowati, di Bojonegoro tidak mencapai target. Tahun ini JOB P-PEJ hanya berhasil memproduksi sebanyak 93 persen dari target.

Kepala Administrasi Lapangan JOB P-PEJ, Hananto Aji mengatakan, target yang ditentukan tahun ini adalah 36 ribu barel per hari (bph). Namun, lanjut dia, sumur sedang mengalami titik jenuh sehingga target tak tercapai.

"Puncak produksi itu sudah terlalui sejak 2002 mencapai 45 ribu barel per hari. Nah, kemudian yang bisa dilakukan saat ini adalah mempertahankan produksi," kata dia, dalam acara field trip bersama SKK Migas, di Lapangan Sukowati, Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (14/11/2013).

Di samping itu, pihaknya juga akan melakukan kegiatan seperti enhance oil recovery (EOR) dan mencari cadangan baru untuk menggenjot produksi. Saat ini di Lapangan Sukowati terdapat 27 sumur dengan total produksi minyak 32.600 bph.

"Tahun depan kami targetkan ngebor 11 Sumur di Sukowati. Dari 11 sumur, 10 di antaranya pengembangan dari sumur-sumur lama yang satu sumur eksplorasi dengan biaya satu sumur Rp90 miliar," jelasnya.

Perlu diketahui, saat ini untuk wilayah kerja JOB P-PEJ di Sukowati ini memiliki 26 sumur minyak yang masing-masing sumur mampu menghasilkan minyak sebanyak 1.000 bph.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5306 seconds (0.1#10.140)