Akses jalan bandara Kulonprogo diperlebar 14 meter

Rabu, 04 Desember 2013 - 16:00 WIB
Akses jalan bandara Kulonprogo diperlebar 14 meter
Akses jalan bandara Kulonprogo diperlebar 14 meter
A A A
Sindonews.com - Akses jalan menuju bandara baru di Kulonprogo sepanjang 40,5 kilometer (Km) bakal diperlebar 14 meter. Saat ini Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY mulai melakukan pembebasan lahan untuk proyek tersebut.

Kepala Dinas PUP-ESDM DIY Rani Sjamjinarsi mengatakan, pelebaran jalan raya dari kawasan perkotaan Yogyakarta menuju ke lokasi bandara kurang lebih sepanjang 40,5 kilometer (Km).

"Pembebasan lahan untuk pelebaran jalan yang rencananya sepanjang 40,5 kilometer dari Ringroad hingga ke Karangnongko," katanya, Rabu (4/12/2013).

Menurut dia, pelebaran jalan tersebut dilakukan secara bertahap, baik dalam hal pembebasan lahannya maupun pekerjaan fisiknya. "Kami bertahap, tidak langsung 40,5 kilometer kami bebaskan semua lahannya," ujarnya.

Rani mengatakan, sampai saat ini upaya pembebasan lahan dan pelebaran jalan baru sekitar 20 persen. Sayangnya, Rani enggan menyebutkan anggaran yang sudah digelontorkan untuk pengerjaaan sejauh ini.

Kepala Satuan Kerja (Satker) Perencanaan Pengawasan Jalan Kementerian PU, Fathoni menyebutkan, pelebaran jalan yang dimaksud ialah mengubah jalan raya menuju Kulonprogo menjadi dua lajur jalan. Masing-masing lajur berlebar tujuh meter. "Kira-kira seperti lajur Jalan Raya Yogyakarta-Prambanan," kata dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5473 seconds (0.1#10.140)