Perkuat jaringan, BRI asuransikan debitur

Kamis, 05 Desember 2013 - 15:24 WIB
Perkuat jaringan, BRI asuransikan debitur
Perkuat jaringan, BRI asuransikan debitur
A A A
Sindonews.com - Untuk memaksimalkan kucuran kredit di sektor mikro, BRI Wilayah Makassar terus memperkuat jaringan. Hingga 2013, BRI Wilayah Makassar mempunyai 324 BRI unit, 136 Teras BRI, dan 37 Teras Keliling.

"Untuk kucuran kredit mikro memang dilayani di tiga unit tersebut. Tahun ini targetnya mendirikan 7 BRI unit, 19 teras BRI, dan 1 Teras Keliling. Semuanya sudah terpenuhi, sisa dua BRI unit yang akan diresmikan akhir tahun," kata Wakil Pimpinan Wilayah BRI Makassar, Sumarwan di Kanwil BRI Makassar, Kamis (5/12/2013).

Segmen mikro memang menjadi magnet luar biasa bagi industri perbankan. Tak terkecuali BRI Wilayah Makassar. Hingga Oktober 2013, bank pelat merah ini mencatat penyaluran kredit di sektor mikro senilai Rp11,5 triliun. Kredit ini disalurkan di seluruh wilayah kerja Kanwil BRI Makassar yang mencakup Sulselbartra dan Ambon.

Sementara, untuk menjaga kualitas debitur, BRI mengasuransikan debitur mikronya, khusus di kredit umum pedesaaan (Kupedes). Adapun asuransi yang ditawarkan yakni asuransi kecelakaan, kesehatan, dan meninggal dunia (AKK)

Meski tidak merinci sudah berapa debitur yang memanfaatkan asuransi ini, Wakil Pimpinan Wilayah BRI Makassar, Heru Setiadi mengatakan, besaran tarif premi asuransi tersebut cukup terjangkau bagi pelaku usaha mikro yakni sebesar Rp50 ribu.

Secara nasional, sebanyak 792.510 debitur mikro yang sudah bergabung dalam asuransi AKK. Dengan adanya asuransi ini diharapkan arus kas usaha mikro debitur tidak terganggu lagi karena biaya kesehatan pelaku usaha dan istrinya sudah ditanggung perusahaan asuransi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4050 seconds (0.1#10.140)