Astra fokus bisnis infrastruktur tahun depan

Jum'at, 06 Desember 2013 - 18:03 WIB
Astra fokus bisnis infrastruktur tahun depan
Astra fokus bisnis infrastruktur tahun depan
A A A
Sindonews.com - PT Astra Internasional Indonesia Tbk (ASII) pada tahun depan akan fokus pada bisnis infrastruktur di sektor pengembangan jalan tol.

Direktur Astra Internasional, Gunawan Geniusahardja mengungkap, pada 2014 perseroan akan berorientasi tetap fokus menyelesaikan jalan tol Mojokerto-Kertosono. "Port tahun depan akan rolling dengan bagus. Industrial estate akan dibangun di sekitar jalan tol," ujarnya kepada sejumlah media, Jumat (6/12/2013).

Di samping itu, pihaknya juga berencana mengembangkan bisnis infrastruktur lainnya seperti pelabuhan, power plant, industrial estate dan lainnya.

Sementara, terkait belanja modal (capital expenditure/capex), sampai September 2013 total pendanaan untuk lini bisnis otomotif telah membukukan Rp50 triliun dan akan mencapai kurang lebih Rp60 triliun sampai 2013.

Sedangkan tahun depan, capex untuk pendanaan otomotif diperkirakan mencapai Rp60 triliun. Di mana komposisinya 30-40 persen berasal dari obligasi, dan pendanaan lainnya berasal dari pinjaman bilateral dan sindikasi.

Perseroan juga mengklaim depresiasi rupiah tidak terlalu berdampak signifikan pada seluruh kinerja perseroan.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Direktur PT Astra Internasional Prijono Sugiarto mengatakan, depresiasi rupiah akan memberikan tekanan pada lini bisnis otomotif terutama bisnis 2W dan 4W.

Namun, divisi lainnya pada non auto seperti AAL yang gain revenue di USD serta PAMA Persada yang juga gain revenue in USD, sehingga ada balancing antara depresiasi rupiah dan menguatnya USD.

"Untuk segment otomotif, rupiah sudah mencapai Rp11.000 an dan terus beranjak naik. Sehingga harus ada penyesuaian harga yang akan kami lakukan," kata Prijono.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5473 seconds (0.1#10.140)