Pembangunan smelter dongkrak impor peralatan

Jum'at, 06 Desember 2013 - 19:24 WIB
Pembangunan smelter dongkrak impor peralatan
Pembangunan smelter dongkrak impor peralatan
A A A
Sindonews.com - Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo mengatakan, dengan adanya pembangunan smelter akan ada kenaikan impor terhadap peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk pembangunan smelter.

"Satu hal tentunya kalau kita melihat masalah impor dalam pembangunan smelter ini, kan impor barang-barang modal, pembangunan smelter membutuhkan peralatan, maka dari itu impor akan naik," ucapnya di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (6/12/2013).

Dia menambahkan, impact dari itu pasti pendapatan akan turun, tetapi Menteri Keuangan juga sudah melakukan penghitungan dengan cermat, Menteri Koordinator Perekonomian juga sudah membuat ancang-ancang langkah.

"Jadi seharusnya ini adalah bentuk bahwa semua pihak siap menghadapi pemberlakuan UU Minerba No 4 tahun 2009," ujarnya.

Dia berharap kelak jika semua pihak sudah siap, dan industri juga sudah siap, dan dalam perjalanannya akan ada kendala-kendala sebaiknya bersama mencari solusi, bukannya hanya menyalahkan UU.

"Prosesnya berjalan, semua pihak mendukung, jadi UU tersebut akan siap dijalankan. Era Indonesia mengekspor tanah air sudah berakhir," ungkapnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1941 seconds (0.1#10.140)