Harga emas di perdagangan global menguat

Jum'at, 13 Desember 2013 - 17:19 WIB
Harga emas di perdagangan global menguat
Harga emas di perdagangan global menguat
A A A

Sindonews.com - Harga emas di perdagangan dunia hari ini lebih tinggi setelah turun hampir 3 persen dalam dua hari sebelumnya. Namun, sentimen masih rapuh di tengah meningkatnya perkiraan pengurangan stimulus moneter AS dan percepatan dana keluar.

Emas menuju penurunan tahunan pertama dalam 13 tahun karena investor (didukung pemulihan ekonomi global) menyalurkan lebih banyak uang ke aset berisiko, seperti ekuitas dengan menarik dana dari safe-haven emas.

"Ini sangat sulit untuk membangun kekuatan apapun yang berarti di pasar emas akibat arus keluar yang berkesinambungan dari ETF," kata Mark Keenan, kepala riset komoditas Asia di Societe Generale, mengacu pada dana yang diperdagangkan di bursa emas (ETF), seperti dilansir dari Reuters, Jumat (13/12/2013).

Spot emas naik 0,3 persen menjadi USD1.227 per ounce pada pukul 07.47 GMT. Setelah jatuh lebih dari 2 persen pada Kamis, sebesar USD1,223.30 per ounce. Sementara perak tergelincir setelah penurunan 4 persen dalam semalam.

Holdings di SPDR Gold Trust, ETF emas terbesar, mengalami penurunan terbesar dalam hampir dua bulan, kemarin. Dana tersebut belum melihat arus masuk dalam lebih dari sebulan, mengisyaratkan bahwa kenaikan substansial dalam harga terbatas.

Pergerakan harga emas telah stabil pekan ini, berosilasi antara kerugian menyusul data AS yang kuat dan reli dari short-covering. Data penjualan ritel AS yang kuat pada November, menambah tanda-tanda perbaikan ekonomi yang bisa mendorong Federal Reserve segera mengurangi stimulus.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7715 seconds (0.1#10.140)