Indonesia Timur masa depan produksi gas nasional

Selasa, 17 Desember 2013 - 16:19 WIB
Indonesia Timur masa depan produksi gas nasional
Indonesia Timur masa depan produksi gas nasional
A A A
Sindonews.com - Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku Enrico CP. Ngantung mengatakan, wilayah Timur Indonesia merupakan masa depan produksi gas nasional. Pasalnya, kegiatan eksplorasi saat ini semakin marak dilakukan di wilayah Indonesia Timur.

“Beberapa KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) memang belum berhasil menemukan cadangan minyak maupun gas yang ekonomis untuk dikembangkan, namun kita bersyukur KKKS Genting Oil berhasil menemukan cadangan gas yang cukup besar dan Petrochina juga menemukan cadangan hidrokarbon yang prospektif," kata dia dalam rilisnya, di Jakarta Selasa (17/12/2013).

Dia menjelaskan, hal tersebut menumbuhkan semangat KKKS lain untuk terus melanjutkan kegiatan eksplorasi dan mencari cadangan gas baru lainnya.

Sementara itu, SKK Migas menyatakan, produksi gas dari wilayah Papua dan Maluku tahun ini mencapai 2.323 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) atau menyumbang sebesar 26,2 persen dari total produksi gas nasional. Sedangkan produksi minyak tercatat sebesar 16.408 barel minyak per hari (BOPD) atau 1,9 persen dari total produksi minyak nasional.

Saat ini, terdapat 46 KKKS dan Joint Operating Body (JOB) di wilayah Papua dan Maluku. Dari jumlah tersebut, enam KKKS dan JOB dalam tahap produksi, 39 KKKS eksplorasi dan satu KKKS dalam fase pengembangan.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6103 seconds (0.1#10.140)