Hatta: Rupiah menguat jika dana eksportir ditarik

Selasa, 17 Desember 2013 - 18:07 WIB
Hatta: Rupiah menguat jika dana eksportir ditarik
Hatta: Rupiah menguat jika dana eksportir ditarik
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa membenarkan, jika dana eksportir maupun konglomerat yang terparkir di luar negeri ditarik ke Indonesia, maka akan menguatkan nilai tukar rupiah.

"Ya saya kira ya, dana eksportir ditarik juga tergantung si eksportirnya," ucapnya di Auditorium BPPT, Jakarta, Selasa (17/12/2013).

Dia mengatakan, pelemahan rupiah biasa terjadi pada saat akhir tahun, dan ini juga mencerminkan fundamentalnya. Selain itu, melemahnya rupiah juga dipengaruhi oleh meningkatnya kebutuhan dolar di akhir tahun.

Namun, dia optimis bahwa pelemahan rupiah ini hanya berlangsung sementara dan 2014 akan membaik seiring dengan upaya pemerintah untuk terus menjaga dan mengurangi current account defisit.

Selain itu, inflasi pada 2014 akan berkisar 4-5 persen atau jauh dibandingkan inflasi 2013 sekitar 8 persen yang disebabkan kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM). Sehingga, dia meyakini pada 2014 akan stabil.

Pihaknya juga tidak tahu persis berapa dana yang terparkir di luar negeri tetapi dia menjelaskan bahwa nilai ekspor Indonesia adalah USD15 juta sampai USD17 juta per bulan. Jika hasil ekspor tersebut ada di Indonesia, maka akan berdampak sangat baik untuk negara.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5264 seconds (0.1#10.140)