Menhub: Tidak ada kenaikan tarif angkutan umum

Rabu, 18 Desember 2013 - 12:23 WIB
Menhub: Tidak ada kenaikan tarif angkutan umum
Menhub: Tidak ada kenaikan tarif angkutan umum
A A A
Sindonews.com - Menteri Perhubungan EE Mangindaan memastikan tidak akan ada kenaikan tarif angkutan umum menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2014 mendatang.

Dia bahkan memaksa agar angkutan umum tidak menaikkan tarif walaupun harga komponen pembentuk tarif angkutan seperti bahan bakar avtur untuk pesawat sudah naik.

"Enggak ada kenaikan tarif, karena kan mesti ada keputusan Menteri untuk naik tarif. Kami minta tolong untuk sabar, orang pas lagi membutuhkan kita, jadi tidak bagus kalau menaikkan harga," tegas Mangindaan di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (18/12/2013).

Mangindaan juga mengemukakan, apabila masih ada perusahaan angkutan yang menaikkan tarif, maka diharapkan tidak melewati batas atas yang telah ditetapkan pihaknya atau akan terkena sanksi.

"Contoh kecil misalnya batas atasnya pesawat Rp1.000 maka enggak boleh lewat dari itu seperti jadi Rp1.200. Jadi masing-masing sudah ada," tutur Mangindaan.

Untuk tingkat okupansi atau kuota tempat duduk sampai saat ini, Mangindaan merinci moda pesawat terbang dan kereta api memiliki tingkat okupansi tertinggi, mencapai 82 persen.

"Sedangkan angkutan laut rata-rata baru mencapai 62 persen. Logistik sejak awal Desember sudah kita siapkan, dan pada dasarnya untuk darat, laut dan kereta api sudah oke," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9376 seconds (0.1#10.140)