PGN raih penghargaan Best Sustainability Reporting 2012

Rabu, 18 Desember 2013 - 13:05 WIB
PGN raih penghargaan Best Sustainability Reporting 2012
PGN raih penghargaan Best Sustainability Reporting 2012
A A A
Sindonews.com - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk meraih penghargaan sebagai pemenang Best Sustainability Reporting 2012 kategori Environmental Services dari National Center for Sustainability Reporting (NCSR).

NCSR merupakan organisasi Independen yang mengembangkan dan mempromosikan laporan CSR atau laporan keberlanjutan (Sustainability Report) di Indonesia. NCSR tercatat sebagai anggota Organizational Stakeholder, Global Reporting Initiative (GRI) yang berkedudukan di Belanda.

Penyerahan penghargaan kepada PGN dilakukan dalam acara Sustainability Award 2013 yang diselenggarakan di Hotel Mulia Jakarta, Selasa (17/12/2013) malam. Penghargaan tersebut sekaligus menunjukkan kemampuan PGN sebagai BUMN yang menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG).

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko, M Wahid Sutopo mengapresiasi penghargaan ini. Wahid menyatakan, penghargaan ini sebagai wujud transparansi perusahaan dalam memberikan laporan berkelanjutan secara transparan kepada masyarakat dan sebagai wujud tanggung jawab perusahan kepada shareholder dan stakeholderperusahaan.

“Kami bersyukur mendapatkan penghargaan dalam SRA Award 2013, sebagai perusahaan yang memiliki komitmen tinggi terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan tentunya PGN akan mempertahankan prestasi tersebut,” ujar Wahid dalam siaran persnya, Rabu (18/12/2013).

Sustainability reporting atau laporan berkelanjutan merupakan laporan CSR yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengukur, mengungkapkan (disclose), serta upaya perusahaan untuk menjadi perusahaan yang akuntabel bagi seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) untuk tujuan kinerja perusahaan menuju pembangunan yang berkelanjutan.

Laporan ini juga memuat kinerja perusahaan dalam tiga aspek, yakni ekonomi, lingkungan dan sosial. Tujuan dibuatnya laporan ini adalah untuk menjadi penilaian apakah suatu perusahaan telah mampu mengatasi isu berkelanjutan seperti penghematan dan konservasi energi.

Di Indonesia, sekarang ini, tercatat ada sekitar 40 perusahaan yang membuat laporan keberlanjutan dengan mengacu pada standar pelaporan yang dikeluarkan oleh the Global Reporting Initiative (GRI). Dari data NCSR, bertambah banyaknya perusahaan yang membuat laporan itu seiring dengan diadakannya ISRA (Indonesia Sustainability Reporting Award) setiap tahunnya.

NCSR menyebutkan, jumlah perusahaan yang membuat laporan keberlanjutan di Indonesia paling tinggi di kawasan Asia Tenggara. Di Malaysia, jumlah pembuat laporan hanya sekitar 10 perusahaan. Sementara itu, di Singapura terdapat 15 perusahaan.

Di negara ini, pembuatan laporan keberlanjutan mendapatkan dorongan dari Singapore Stock Exchange yang mengeluarkan buku aturan mengenai laporan keberlanjutan pada tahun 2011.

Bagi PGN, hal ini menambah jumlah penghargaan dari lembaga internasional. Selama tahun 2013, PGN telah berhasil memenangkan sejumlah penghargaan, diantaranya berhasil meraih Gold ARC Winner serta dua Silver ARC Winner dalam partisipasi pertamanya pada 2013 International ARC Awards. Selain meraih penghargaan pada 2013 International ARC Awards, pada tahun 2013 ini PGN juga sukses memperoleh penghargaan dalam LACP’s Annual Report Competition, the 2012 Vision Awards.

Dalam penghargaan Laporan Tahunan berskala international tersebut, PGN memenangkan 7 penghargaan yakni: peringkat pertama dalam Top 100 Annual Reports Worldwide, Overall Platinum Award, Platinum Winner untuk Sektor Utilities – Gas Worldwide , peringkat pertama dalam Top 50 Annual Reports in the Asia-Pacific Region, Special Achievement Award: Platinum Award dalam The Best Report Cover Worldwide, Platinum Award dalam The Best Report Cover Asia- Pacific Region, serta masuk dalam Top 10 Indonesian Annual Reports of 2012.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5712 seconds (0.1#10.140)