Indonesia tawarkan sarang burung walet ke China

Rabu, 18 Desember 2013 - 17:56 WIB
Indonesia tawarkan sarang burung walet ke China
Indonesia tawarkan sarang burung walet ke China
A A A
Sindonews.com - Kepala Balai Karantina Kementerian Pertanian (Kementan), Banun Harpini mengatakan, China dan Indonesia sepakat saling menawarkan empat komoditas yang akan dimasukan ke dalam kesepakatan Mutual Recognition Agreement (MRA).

Menurut dia, dengan MRA tersebut Indonesia menawarkan sarang burung walet kepada China sedangkan China menawarkan bawang putih kepada Indonesia. "Memang China itu menawarkan Indonesia garlic atau bawang putih yang tertuang ke dalam kesepakatan MRA dengan prioritas empat komoditas termasuk sarang burung walet itu," ucapnya di Kemendag, Jakarta, Rabu (18/12/2013).

Dia menambahkan, peneliti China akan datang ke Indonesia untuk meneliti segi kesehatan sarang burung walet. Sedangkan Indonesia akan mengirimkan timnya untuk melakukan studi dan meneliti bawang putih di China.

Banun mengatakan, langkah ini diambil mengingat sarang burung walet yang dimiliki Indonesia sangat besar, serta didukung dengan neraca defisit yang lebar akan memberikan peluang menghasilkan devisa negara Rp7 triliun per tahun.

Pihaknya optimis bahwa kerja sama antara Indonesia dan China ini akan berhasil dan membantu Indonesia dari segi perdagangan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6524 seconds (0.1#10.140)