2.000 keluarga di Klaten terima bantuan RTLH

Rabu, 18 Desember 2013 - 19:41 WIB
2.000 keluarga di Klaten terima bantuan RTLH
2.000 keluarga di Klaten terima bantuan RTLH
A A A
Sindonews.com - Sekitar 2.000 Keluarga di wilayah Kabupaten Klaten, menerima Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada setahun terakhir. Warga tersebut menerima bantuan untuk membangun rumah mereka menjadi lebih layak.

Bupati Klaten, Sunarna menyebutkan, bantuan RTLH tersebut mulai dibagikan oleh Pemerintah Kabupaten Klaten, sejak awal 2013 lalu. Menurutnya bantuan tersebut diambilkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Klaten Tahun 2013 dan APBD Perubahan tahun 2013.

"Anggarannya masing-masing untuk seribu keluarga, jadi 2.000 keluarga itu diambilkan dari dua pos anggaran tersebut. Masing-masing keluarga mendapatkan dana sebesar Rp7 juta untuk membangun rumah mereka," ucapnya usai membagikan bantuan di Kecamatan Wedi, Rabu (18/12/2013).

Sunarna, berharap dengan diberikannya bantuan tersebut, para warga yang memiliki rumah tidak layak huni, segera bisa membangun rumah mereka. Ia berharap dengan adanya bantuan tersebut, tidak ada lagi warga yang tinggal satu rumah bersama dengan hewan piaraan mereka.

Ia juga menegaskan untuk 2014 mendatang pihaknya juga telah menyiapkan anggaran untuk bantuan tersebut. "Kita berikan secara terus menerus dan bertahap, sehingga nantinya seluruh warga yang tidak mampu dapat tersasar dan mampu memperbaiki rumah mereka," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kali Gayam, Kecamatan Wedi, Joko Sutrisno mengaku senang warganya mendapatkan bantuan tersebut. Pasalnya bantuan RTLH tersebt dinilai sangat penting untuk warga mereka. Apalagi warga di desa tersebut rata-rata hidup di bawah garis kemiskinan.

Ia menyebutkan, rumah yang berdiri hanya dengan bambu masih banyak ditemukan di desa tersebut. Sulitnya perekonomian warga dan minimnya tingkat pendidikan warga di desa tersebut menjadi faktor utama.

"Alhamdulillah di desa ini ada 24 warga yang menerima bantuan itu. Sehingga warga bisa memperbaiki rumah mereka, jika biasanya warga bermimpi membangun rumah kini sudah bisa terwujud," ucapnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8569 seconds (0.1#10.140)