Bantuan RTLH tak menyasar korban bencana

Jum'at, 20 Desember 2013 - 15:16 WIB
Bantuan RTLH tak menyasar korban bencana
Bantuan RTLH tak menyasar korban bencana
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten Klaten tidak akan memberikan bantuan kepada korban bencana alam yang rumahnya rusak melalui pos anggaran bantuan Rumat Tidak Layak Huni (RTLH).

Bupati Klaten, Sunarna menyebutkan, pos anggaran untuk RTLH hanya bisa diberikan kepada warga yang rumahnya rusak atau tak layak huni. Akan tetapi rusaknya rumah warga yang mendapatkan bantuan tersebut memang karena faktor ekonomi bukan faktor lain seperti bencana alam ataupun hal tidak terduga lainnya.

"Kita hanya bisa memberikan bantuan untuk yang terencana saja, sedangkan untuk yang lain itu ada pos anggaran tersendiri," ucap Sunarna kepada SINDO, Jumat (20/12/2013).

Sunarna menegaskan, rumah yang rusak akibat terkena bencama tersebut bisa diperbaiki dengan anggaran pemerintah yang ada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Sedangkan untuk besaran bantuan yang diberikan, itu semua tergantung dari kerusakan yang ditimbulkan akibat bencana tersebut.

Dengan kata lain, semakin rusak parah rumah tersebut, semakin besar pula bantuan yang bakal diberikan oleh pemerintah. Dengan seperti itu, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk tidak khawatir dengan hal tersebut, jika nantinya bencana itu menimbulkan kerusakan, warga hanya diminta untuk melaporkan kepada pemerintah setempat agar segera diberi bantuan.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, dana untuk keperluan itu pasti ada dan bisa diberikan kepada masyarakat saat dalam kadaan darurat," tegasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3773 seconds (0.1#10.140)