OJK minta perbankan kelola keuangan dengan baik

Senin, 23 Desember 2013 - 19:07 WIB
OJK minta perbankan...
OJK minta perbankan kelola keuangan dengan baik
A A A
Sindonews.com - Untuk mencegah terjadinya krisis keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta perbankan mengelola keuangannya dengan baik hingga menimbulkan ketahanan (resilience).

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad mengatakan, hal ini harus dilakukan oleh dunia perbankan dalam menghadapi krisis yang seringkali datang tanpa diundang.

"Kalau dikelola profesional dengan kemampuan baik, maka kita yakin daya tahannya akan baik menghadapi krisis," ujar Muliaman di Gedung OJK, Jakarta, Senin (23/12/2013).

Selain itu, dia juga menjelaskan ada protokol Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) yang terdiri dari Kementerian Keuangan, Bank Indonesia (BI), OJK, dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). "Kalau krisis itu juga datang, maka ada mekanisme protokol lain di dalam FKSSK," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dewan Komisioner OJK Bidang Perbankan Nelson Tampubolon mengimbau perbankan menahan kredit sebagai bentuk antisipasi krisis.

"Dari sisi regulasi untuk jangka panjang ini kita sedang mengatur regulasi daya tahan perbankan kalau terjadi krisis," kata Nelson.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0672 seconds (0.1#10.140)