Penjualan Yamaha 2013 terselamatkan kenaikan UMR

Selasa, 07 Januari 2014 - 21:21 WIB
Penjualan Yamaha 2013 terselamatkan kenaikan UMR
Penjualan Yamaha 2013 terselamatkan kenaikan UMR
A A A
Sindonews.com - Penjualan motor Yamaha di Indonesia pada 2013 mencapai 2,46 juta unit. Penjualan tersebut naik sebesar 4 persen dibandingkan penjualan total yang diraih pada 2012.

Menurut Executive Vice President Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti, catatan raihan ini tidak terlalu signifikan.

"Sejak dua tahun belakangan penjualan mengalami tren penurunan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena faktor kondisi ekonomi Indonesia yang tidak stabil," tegas Dyonisius Beti di SKYE, Jakarta Pusat, Selasa (7/1/2014) malam.

Dia mengatakan, raihan penjualan motor Yamaha terselamatkan karena adanya keputusan pemerintah yang menaikkan Upah Minimum Regional (UMR). Sayangnya keputusan kenaikan tersebut hanya berlaku di daerah Jakarta dan daerah-daerah di Jawa.

"Penurunan sudah terjadi sejak April hingga Mei 2013. Baru ada tren kenikan sesudah itu karena adanya kenaikan UMR. Di pulau Jawa kenaikan terjadi sebesar 18 persen namun di luar pulau Jawa tetap terjadi penurunan hingga 15 persen," tegasnya.

Untuk 2014, Dyonisius Beti menambahkan, YIMM menargetkan adanya kenaikan setiap bulan dibandingkan catatan penjualan yang diraih per bulan tahun lalu. Dia optimistis target tersebut bisa tercapai karena subsidi bahan bakar minyak (BBM) masih besar.

"Kita berusaha keras untuk menjaga adanya kenaikan tiap bulan. Semoga saja kondisi perekonomian Indonesia bisa lebih stabil," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8030 seconds (0.1#10.140)