Semen Baturaja bidik pendapatan Rp1,4 T

Rabu, 08 Januari 2014 - 14:43 WIB
Semen Baturaja bidik pendapatan Rp1,4 T
Semen Baturaja bidik pendapatan Rp1,4 T
A A A
Sindonews.com - PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) membidik pendapatan sebesar Rp1,4 triliun sepanjang tahun ini, dengan laba bersih diproyeksikan senilai Rp350 miliar.

Sekretaris Perusahaan SMBR Zulfikri Subli mengatakan, peningkatan pendapatan tersebut akan dikontribusikan dari penambahan produksi pabrik penggilingan semen (cement mill) berkapasitas 750 ribu ton per tahun. Dia mengungkapkan, pabrik penggilingan semen tersebut telah beroperasi sejak Juli 2013.

“Penjualan semen akan digenjot hingga mencapai 1,5 juta ton pada tahun ini,” kata Zulfikri, Rabu (8/1/2014).

Sementara itu, perseroan juga telah mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp722 miliar pada tahun ini. Belanja modal dari kas internal tersebut akan digunakan untuk pengembangan bisnis perseroan pada tahun ini.

“Tahun ini, kami belum merencanakan pinjaman,” ujar dia.

Dia menjelaskan, mayoritas belanja modal akan dialokasikan untuk pembangunan pabrik semen Baturaja II yang lokasinya berdekatan dengan pabrik lama di Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Zulfikri menuturkan, pabrik tersebut membutuhkan investasi sekitar Rp625 miliar untuk tahun ini. Sedangkan sisa balanja modal sekitar Rp97 miliar dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Terkait pembangunan pabrik Semen Baturaja II, dia mengaku, sedang melakukan tender. Adapun, kapasitas pabrik baru ini mencapai 1,85 juta ton per tahun dan diharapkan akan beroperasi secara komersil pada kuartal IV/2016.

Dengan pembangunan pabrik tersebut, dia mengatakan, maka kapasitas produksi semen Baturaja akan meningkat dari 2 juta ton per tahun menjadi 3,85 juta ton per tahun pada dua tahun mendatang.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4759 seconds (0.1#10.140)