Kemenpera siap bedah 500 rumah di Pamekasan

Rabu, 22 Januari 2014 - 16:44 WIB
Kemenpera siap bedah 500 rumah di Pamekasan
Kemenpera siap bedah 500 rumah di Pamekasan
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) sepanjang tahun ini menargetkan dapat membedah 500 unit rumah di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Hal ini melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Program bedah rumah tersebut bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat kurang mampu, khususnya di Kabupaten Pamekasan agar rumah yang mereka tempati lebih layak huni.

"Kemenpera tahun 2013 lalu telah menyalurkan program BSPS untuk 300 unit rumah. Sedangkan tahun 2014, jumlahnya rumah yang akan dibedah akan kami tingkatkan menjadi 500 unit rumah," ujar Menpera Djan Faridz dalam rilisnya di Jakarta, Rabu (22/1/2014).

Lebih lanjut dia mengatakan, kunjungan kerjanya ke Pulau Madura tidak hanya untuk meninjau program bantuan yang ada di Kabupaten Pamekasan, tapi juga di beberapa kabupaten lain, seperti Sampang dan Bangkalan.

"Tahun lalu program bedah rumah di Kabupaten Pamekasan sudah selesai dilaksanakan dan mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat luas," kata dia.

Djan menambahkan, keberhasilan serta sukses tidaknya Program BSPS di suatu daerah tergantung apakah pemerintah daerah (pemda) setempat memiliki perhatian serta dukungan terhadap program perumahan bagi masyarakatnya.

Selain itu, juga tergantung dari hasil pengajuan proposal program BPSPS dari pemerintah kabupaten ke Kemenpera. Jumlah bantuan bedah rumah dari Kemenpera nilainya satu rumah Rp7,5 juta.

Kendati demikian, persyaratan untuk melaksanakan pekerjaan itu harus dilaksanakan secara gotong-royong dan swadaya oleh masyarakat secara berkelompok.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8735 seconds (0.1#10.140)