ARLI desak pemerintah bentuk roadmap rumput laut

Kamis, 23 Januari 2014 - 11:09 WIB
ARLI desak pemerintah bentuk roadmap rumput laut
ARLI desak pemerintah bentuk roadmap rumput laut
A A A
Sindonews.com - Ketua Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI), Safari Azis mengatakan, agar berdaya saing industri rumput laut perlu memiliki kejelasan sistem. Yakni mulai dari pembudidayaan, sistem bahan baku, perdagangan, logistik hingga perizinan industri.

"Kami meminta pada pemerintah supaya dibuatkan roadmap/blue print yang disepakati oleh stakeholder. Hal ini agar regulasi dan strateginya tepat dan membuat industri berdaya saing," kata dia dalam rilisnya, Kamis (23/1/2014).

Safari mengungkapkan, saat ini perizinan bagi Industri pengolahan rumput laut yang beroperasi cenderung disulitkan karena harus memiliki 14 macam surat izin yang dikeluarkan oleh kementerian/lembaga yang berbeda. sehingga menyebabkan biaya tinggi dan tidak efisien.

Pemerintah, kata dia, perlu memikirkan cara agar pelaku usaha baik nasional maupun internasional, tertarik untuk berinvestasi dan membangun Industri.

"Proyek pemerintah dalam industri pengolahan rumput laut jalan di tempat, karena perencanaannya tidak matang, tidak ekonomis dan tidak ada akses pasar. Kita harapkan pemerintah bisa lebih bijaksana mengambil langkah-langkah yang tepat," pungkas Safari.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8623 seconds (0.1#10.140)