MNC Kapital resmi miliki 24% saham Bank Bumiputera

Rabu, 29 Januari 2014 - 11:35 WIB
MNC Kapital resmi miliki 24% saham Bank Bumiputera
MNC Kapital resmi miliki 24% saham Bank Bumiputera
A A A
Sindonews.com - PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) resmi memiliki 24 persen saham PT Bank ICB Bumiputera Tbk (BABP).

Berdasarkan laporan BABP di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (29/1/2014) dijelaskan bahwa ICB Financial Group Holdings AG telah mengalihkan kepemilikan sahamnya di Bank ICB Bumiputera kepada MNC Kapital Indonesia per 27 Januari 2014.

"ICB Financial Group Holdings AG mengalihkan minoritas saham sebesar 24 persen di Bank ICB Bumiputera ke PT MNC Kapital Indonesia Tbk pada 27 Januari 2014," kata Group Chief Executive Officer ICB Financial Group Holdings AG Sasidharan Nair dalam suratnya.

Dengan begitu, MNC Kapital menjadi pemegang 24 persen saham Bank ICB Bumiputera. Sedangkan ICB Financial Group Holdings AG menguasai sebanyak 45,9 persen saham, AJB Bumipuera 1912 sekitar 5,46 persen dan sisanya atau 24,64 persen saham dimiliki publik.

Sekedar informasi, BCAP telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat (Conditional Sell and Purchase Agreement/CSPA) dengan ICB Financial Group Holdings AG untuk mengakuisisi minoritas saham BABP pada akhir April 2013.

Ini merupakan langkah awal dari rencana strategis BCAP untuk lebih melengkapi jasa layanan keuangan dan memperkuat sinergi yang telah terbentuk antar entitas anak usaha perseroan, yakni MNC Asset Management, MNC Finance, MNC Insurance, MNC Life dan MNC Securities.

Proses yang sudah dimulai sejak tahun lalu ini terkendala izin dari dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sementara Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada sempat berpendapat bahwa aksi korporasi tersebut akan memberikan kontribusi positif bagi kedua emiten, terutama kepada BABP.

"Dengan masuknya BCAP diharapkan kinerja BABP bisa lebih baik karena telah mendapat suntikan modal," kata dia.

Harga saham BCAP pagi dibuka stagnan dengan penutupan hari kemarin di Rp1.160, namun pukul 11.35 WIB menguat ke Rp1.170 per saham. Sementara harga saham BABP siang ini berada di level Rp145 per saham atau menguat 4 poin dibanding penutupan sore kemarin.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6032 seconds (0.1#10.140)