Load factor Citilink Semarang-Halim capai 90%

Senin, 10 Februari 2014 - 18:47 WIB
Load factor Citilink Semarang-Halim capai 90%
Load factor Citilink Semarang-Halim capai 90%
A A A
Sindonews.com - Sejak dibukanya Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta menjadi bandara komersial, animo masyarakat di Kota Semarang dan sekitarnya cukup tinggi.

Terbukti, Citilink sebagai satu-satunya maskapai penerbangan yang membuka rute Semarang-Halim Perdanakusuma, selalu kebanjiran penumpang. Dari dua kali penerbangan Semarang-Halim pukul 11.45 dan 16.40 selalu dipenuhi penumpang.

Distrik Sales Manajer CitiLink Brand Office Semarang, Aribowo Setio Yuliawan mengatakan, untuk penerbangan menuju bandara Halim Perdanakusuma sudah dibuka sejak 10 Januari.

Menurut dia, dengan dibukanya rute Semarang-Halim semua rute Citilink, yakni Semarang-Palembang, Semarang-Yogyakarta dan Semarang-Malang, dipindah ke Halim semua. "Semua rute kita pindah ke Semarang-Halim. Animo masyarakat cukup tinggi," katanya, Senin (10/2/2014).

Rata-rata load factor per penerbangan mencapai 90 persen dari 180 seat yang ada. "Kebanyakan penumpang adalah mereka yang melakukan perjalanan poin to poin. Sedangkan jika akan melakukan perjalanan ke luar Jakarta baru memanfaatkan bandara Cengkareng," ujarnya.

Aribowo menuturkan, tingginya animo masyarkat untuk memanfaatkan bandara Halim Perdanakusuma tidak lepas dari kemudahan akses keluar bandara yang tidak macet dan saran transportasi juga mudah.

"Penumpang pebisnis dan masyarakat yang tinggal di sekitar Jakarta Timur lebih di mudahkan, karena lebih dekat," imbuhnya.

Citilink sendiri pada tahun ini akan menambah jumlah rute penerbangan dan frekuensi penerbangan dari bandara Ahmad Yani Semarang. "Untuk penambahan rute rencana tahun ini, kepastiannya menunggu datangnya pesawat baru," katanya.

Tingginya Animo masyarakat yang menggunakan Halim Perdanakusuma ini, tak salah jika sejumlah maskapai penerbangan mulai melirik membuka jalur baru dari Semarang menuju Halim.

Salah satu maskapai yang bakal membuka rute baru dalam waktu dekat ini adalah Garuda Indonesia. Rencananya Garuda juga bakal membuka dua penerbangan Semarang-Halim.

Marketing & Sales Manager Garuda Indonesia Brand Office Semarang, Herri Darmawan mengatakan, penerbangan Semarang-Halim, bakal mulai aktif 24 Februari mendatang dan akan melayani dua penerbangan setiap hari.

Penerbangan Semarang-Halim Perdanakusuma, merupakan pengalihan sebagian dari rute penerbangan Semarang-Cengkareng. Penerbangan Semarang-Halim diperuntukkan bagi mereka yang terbang point to point sedangkan bagi mereka yang mempunyai penerbangan lanjutan atau connecting flight rute domestic maupun international bisa memilih rute penerbangan Semarang-Cengkareng.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7691 seconds (0.1#10.140)