Medco Energi garap ladang migas di Papua Nugini

Senin, 10 Februari 2014 - 18:55 WIB
Medco Energi garap ladang migas di Papua Nugini
Medco Energi garap ladang migas di Papua Nugini
A A A
Sindonews.com - PT Medco Energi International Tbk (MEDC) mengambil alih saham Moonbi Energi Limited sebagai operator wilayah kerja Blok Migas Junha Extension di Papua Nugini.

Direktur Utama MEDC, Lukman Mahfoedz mengatakan, pengambilalihan operator Blok Migas dilakukan setelah menyelesaikan perjanjian jual beli saham Moonbi Energi Ltd dengan Moonbi Enterprise Ltd. Maka, MEDC secara resmi memiliki 90 persen saham Moonbi Energi dan secara resmi mendapatkan izin untuk melakukan kegiatan eksplorasi di Blok Tersebut sesuai dengan Petroleum Prospecting (PPL) Nomor 470.

"Petroleum Prospecting terdiri dari empat Blok Onshore dengan luas 324 kilometer persegi dan berada di Papuan Fold Belt dekat dengan Lapangan Juha," kata dia di Jakarta, Senin (10/2/2014).

Lukman menjelaskan, PPL 470 menawarkan sistem royalti dengan bagian kontraktor mencapai 70 persen, sehingga memberikan nilai tambah bagi pertumbuhan perusahaan. Selain itu, Lukman optimis MEDC dapat menggarap Blok Migas yang berada di Western Province Papua Nugini tersebut. "Kami optimis ke depan dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan," ujarnya.

Selain itu, akhir tahun lalu emiten minyak dan gas ini juga ekspansi di Lapangan Karim, Oman. Ekspansi ini merupakan kelanjutan beroperasinya pengembangan proyek minyak di Area 47 Libya dengan berdirinya Joint Operating Company (JOC), Nafush oil Operatin BV antara National Oil Corporation (NOC) Libya 51 persen, MEDC 2,4 persen dan Libya Invesment Authority (LIA) 24,5 persen.

Saat ini, Medco Energi International telah memiliki kepemilikan di delapan wilayah kerja migas yang ada di empat negara. Di lapangan Karim Oman kepemilikan perusahaan 51 persen. Kemudian di Area 47 Libya, memiliki working interest 50-50 persen dengan Libyan Investment Authority (LIA).

Selanjutnya, Medco memilki participating interest masing-masing 45 persen pada Blok 82 dan Blok 83 di Yaman digarab bareng dengan Kuwait Energy Company, Indian Oil Corporation Ltd dan Oil India Ltd.

Sedangkan di Amerika Serikat Medco Energy menggarap empat blok migas, yakni di Blok 317-318 East Cameron setelah melakukan akuisisi 100 persen dari Novus Petroleum Ltd pada 2004, Blok 64 dan 65 di wilayah Main Pass sejak akuisisi dari Novus Petroleum Ltd.

Kemudian Blok 758 di Wilayah Mustang Island setelah mengakuisisi 43,75 persen hak partisipasi dari Rampant Lion Energy LLC, dan Blok 437 di wilayah Brazos setelah mengakuisisi 100 persen hak partisipasi dari Centaurus Gulf of Mexico LLC pada 2006.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5151 seconds (0.1#10.140)