April 2014, Garuda siap right issue 10%

Senin, 10 Februari 2014 - 19:06 WIB
April 2014, Garuda siap right issue 10%
April 2014, Garuda siap right issue 10%
A A A
Sindonews.com - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) akan melakukan aksi korporasi berupa penerbitan saham baru (right issue) jelang Pemilihan Umum legislatif dilakukan pada April 2014.

"Semua sudah dipertimbangkan oleh underwriter (penjamin emisi). Kami telah menunjuk Mandiri Sekuritas sebagai lead joint underwriter untuk aksi korporasi ini. Dua sekuritas lagi Bahana Securities dan Danareksa Sekuritas," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar dalam paparan publik perseroan di Kantor Pusat Garuda Indonesia di Cengkareng, Banten, Senin (10/2/2014).

Menurutnya, aksi right issue menjadi salah satu andalan dari pasokan pendanaan belanja modal pada tahun ini, selain melakukan pinjaman dan meneruskan penerbitan obligasi berkelanjutan yang masih tersisa Rp2 triliun.

Untuk diketahui, emiten operator penerbangan plat merah tersebut pada tahun lalu menerbitkan obligasi berkelanjutan I tahap I 2013 senilai Rp2 triliun dari total penawaran umum Rp4 triliun.

"Kita menetapkan belanja modal tahun ini sekitar USD150 juta hinga USD200 juta. Angka ini di luar pre-delivery payment (PDP) untuk pesawat baru. Setidaknya kalau right issue mulus, ada dana Rp2 triliun karena saham yang dilepas sekitar 10 persen," ungkap Direktur Keuangan Garuda Indonesia, Handrito Hardjono.

Dia menjelaskan, selain ingin mendatangkan armada baru, Garuda juga akan melakukan aksi akuisisi dengan meningkatkan kepemilikan saham di PT Gapura Angkasa dan melepas sebagian saham di anak usaha PT Citilink Indonesia.

"Kita ingin menjadi mayoritas di Gapura Angkasa, kemungkinan porsi kepemilikan Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II akan terdilusi nantinya. Kita anggarkan sekitar USD25 juta untuk mendukung aksi akuisisi itu dan tuntas pada semester I/2014," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5580 seconds (0.1#10.140)