Rute penerbangan tutup, tiket kereta api ludes

Jum'at, 14 Februari 2014 - 13:49 WIB
Rute penerbangan tutup, tiket kereta api ludes
Rute penerbangan tutup, tiket kereta api ludes
A A A
Sindonews.com - Ditutupnya tiga bandara dan dibatalkannya sejumlah jadwal penerbangan menuju Yogyakarta, Solo, Surabaya dan sekitarnya akibat meletusnya Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur pada Kamis (13/2/2014) malam, menyebabkan lonjakan permintaan moda tranportasi kereta api.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Ignasius Jonan mengatakan, lonjakan terutama terjadi pada rute-rute yang akses penerbangannya ditutup akibat diserbu abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud tersebut.

"Semua yang menuju timur (wilayah yang tertutup debu vulkanik seperti Yoogyakarta, Solo, Surabaya dan sekitarnya) tiketnya sudah habis. Arah sebaliknya juga," kata Jonan saat dihubungi Sindonews, Jumat (14/2/2014).

Sebelumnya, karena jarak pandang yang terbatas akibat kabut tebal yang timbul oleh letusan tersebut maka manajemen perseroan telah menginstruksikan para masinisnya untuk mengurangi kecepatan laju sesuai dengan kondisi di lapangan.

"Jarak pandangnya terbatas. Jadi kita minta masinis untuk mengurangi kecepatan dan meningkatkan kewaspadaan waktu melintasi Solo, Yigyakarta, dan sekitarnya," ujar Kepala Humas PT KAI Sugeng Priyono.

Sementara, Kepala Pusat Data BNPB, Sutopo Purwonugroho melaporkan, dampak erupsi Gunung Kelud telah menyebabkan hujan abu merata di beberapa wilayah di luar dari daerah terdekat dari Gunung Kelud.

Erupsi Gunung Kelud pada Kamis (13/2) pukul 23.30 wib setinggi 17 km dan melontarkan jutaan meter kubik abu vulkanik dan pasir. BMKG menganalisis, abu dan pasir pada lapisan 1.500 m terbawa ke arah Timur Laut, pada lapisan 5.000 m ke arah Barat Laut dan pada 9.000 m ke arah barat.

"Material abu dan pasir tersebut melayang-layang di atmosfer dan menyebar di daerah yang jauh dari Gunung Kelud. Wilayah barat lebih banyak terjadi hujan abu dan pasir seperti di Pacitan, Ponorogo, Wonogiri, Bantul, Yogya, Sleman, Kulon Progo, Purworejo, Kebumen, Solo, Boyolali, Salatiga, Temanggung dan sebagainya yang terkena abu dan pasir belakangan waktunya," papar dia.

Sedangkan di bagian timur, hujan abu hingga Malang, Surabaya, Banyuwangi dan Ampenan NTB. "Dampak hujan abu dan pasir ini menyebabkan 40 penerbangan dari Bandara Juanda, Bandara Adi Sucipto Yogya dan Bandara Adi Sumarmo Solo tertudan menunggu situasi semakin kondusif," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5623 seconds (0.1#10.140)