OJK targetkan arsitektur lembaga keuangan selesai 2014

Senin, 17 Februari 2014 - 20:03 WIB
OJK targetkan arsitektur lembaga keuangan selesai 2014
OJK targetkan arsitektur lembaga keuangan selesai 2014
A A A
Sindonews.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan penyusunan kerangka yang disebut dengan arsitektur lembaga keuangan Indonesia selesai tahun ini.

OJK mengaku tengah menyusun kerangka dasar yang akan memberikan arah industri keuangan Indonesia dalam lima hingga sepuluh tahun mendatang.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK, Firdaus Djaelani mengatakan arsitektur tersebut nantinya tidak hanya menyangkut satu industri keuangan, namun meliputi keseluruhan entitas.

"Di dalamnya akan mengatur seluruh lembaga keuangan, seperti pasar modal, perbankan, dan industri keuangan nonbank," ujar Firdaus saat dihubungi di Jakarta, Senin (17/2/2014).

Dia menjelaskan, di dalamnya terdapat aturan masing-masing lembaga keuangan. Seperti pada sektor perbankan, ada target pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK), target pertumbuhan rekening dan lainnya.

Pencapaian target-target ini akan disesuaikan dengan asumsi-asumsi yang memengaruhi. Misalnya bonus demografi, pendapatan per kapita dan lainnya.

Sementara, untuk industri keuangan nonbank (IKNB) asumsi yang dipergunakan bermacam-macam. Misalnya pengaruh dari adanya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terhadap asuransi komersial.

Selain itu, bagaimana mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. "Diasuransi misalnya dengan program seribu aktuaris," ujar dia.

Firdau mengatakan, pengawasan integrasi menjadi bagian dari pencapaian tujuan yang ditetapkan dalam arsitektur lembaga keuangan Indonesia. Pasalnya, pengawasan terintegrasi menghubungkan berbagai sektor lembaga keuangan yang termasuk dalam sebuah perusahaan konglomerasi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7104 seconds (0.1#10.140)